Satud Koarmada II Selenggarakan Latihan Evakuasi Medis Udara

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 12 Juni 2021

Satuan Udara (Satud) Koarmada II sebagai unsur pelaksana Koarmada II, memiliki peran dalam mengkoordinasikan dan mengendalikan kesiapsiagaan tempur pesawat udara (pesud) TNI Angkatan Laut yang di BKO kan sebagai salah satu komponen Sub Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dalam rangka mendukung tugas Koarmada II.

Untuk menunjang keberhasilan tugas operasi, Satud Koarmada II selalu memelihara kemampuan dan profesionalisme prajuritnya dengan menyelenggarakan berbagai latihan. Salah satunya a adalah Latihan Evakuasi Medis Udara (EMU) TA 2021, yang telah memasuki tahap akhir pada Jumat (11/6) di Skuadron 400 Wing Udara 2 Puspenerbal.

Tercatat 45 orang prajurit dari satuan-satuan kerja di jajaran Koarmada II mengikuti latihan yang dimulai sejak tanggal 7 Juni 2021 lalu. Beberapa materi kelas dan praktek lapangan yang dikembangkan pada latihan antara lain, Pengenalan Peralatan Yang Digunakan Dalam Evakuasi Medis Udara, Sosialisasi Aturan Keselamatan Dalam Melaksanakan Evakuasi Medis Udara, Pelatihan Penanggulangan Penderita Gawat Darurat (PPGD) Terhadap Pasien, serta Proses Embarkasi Dan Debarkasi Pasien.

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Satuan Udara Koarmada II Kolonel Laut (P) Batos Leksono, CHRMP., selaku Perwira Pelaksana Latihan (Papelat) menjelaskan, bahwa sasaran dari Latihan EMU tersebut adalah agar para prajurit Satuan jajaran Koarmada II yang terlibat latihan tersebut dapat mengetahui dan dan menyerap seluruh materi pelatihan yang diberikan oleh para instruktur atau pelatih dengan sebaik-baiknya. 

“Latihan ini sejalan dengan instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) terkait upaya peningkatan profesionalisme prajurit Koarmada II, sebagaimana program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. terkait Pembangunan SDM TNI AL yang unggul,” jelas Kolonel Batos.

Lebih lanjut Ia berharap, para peserta latihan dapat mengaplikasikan seluruh pengetahuan dan keterampilan yang didapat pada pelaksanaan tugas sebenarnya di medan operasi.

 

(Pen2)