KOARMADA II GELAR FGD TENTANG  PENINGKATAN  KESADARAN HUKUM PRAJURIT

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 07 juni 2021.

 

Dalam rangka meningktkan kesadaran hukum bagi prajurit Koarmada II, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P,M.Tr.(Han) yang diwakili oleh Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Hersan, S.H., M.Si. membuka acara Focus Grup Discusion (FGD) bertempat di Gedung PTA Koarmada II, Senin (07/06).

Acara yang dipandu oleh Moderator Ibu Dita Birahayu, S. H., M.H. selaku ketua Program Pendidikan Ilmu Hukum Universitas Hang tuah Surabaya ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi covid-19.

 

Dalam amanatnya Pangkoarmada II yang dibacakan Oleh Danguspurla Koarmada II mengatakan, “ Acara yang diselenggarakan ini pada hakikatnya merupakan sarana pembinaan kesadaran hukum bagi personil di lingkungan Koarmada II khususnya para Komandan Satuan, Komandan Unsur, para Pashmin Satuan serta Perwira Staf hukum POM dan intelijen,” ungkapnya.

“ Sebagaimana yang kita ketahui bersama perkembangan dinamika kehidupan Saat ini semakin Kompleks seiring dengan kemajuan peradaban dunia yang modern, hal tersebut memberikan konsekuensi perubahan perilaku kehidupan manusia yang semakin beragam dan berpotensi munculnya permasalahan di era yang berkembang pesat tidak terkecuali juga berdampak bagi kehidupan prajurit TNI dan keluarganya, “ terang Danguspurla.

 

Lebih lanjut, “ Seperti yang kita ketahui di samping memakai hukum-hukum yang berlaku maka TNI memiliki peraturan yang bersifat khusus yang menjadi hukum dalam mengatur kehidupan dan profesionalitas TNI dalam mewujudkan profil prajurit TNI yang profesional dalam melaksanakan tugasnya, “ tandas Danguspurla.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan paparan tentang aspek pembinaan personil untuk mencegah tindak pidana desersi oleh Aspers Pangkoarmada II, paparan tentang aspek penegakkan hukum untuk mencegah tidak pidana desersi oleh Kadiskum Koarmada II, Kolonel Laut (KH) Totok Sumarsono, S.H., M.H., M. Tr Hanla., paparan tentang aspek psikologis terhadap personil yang melakukan tindakan pidana desersi oleh Sekdispsial Kolonel Laut (KH) Agus Winarto S. Psi M. Psi., Psikolog  serta parapan tentang aspek pengamanan personil untuk mencegah tindak pidana desersi oleh Asintel Pang Koarmada II yang diwakili oleh Pabanpamgal Letkol Laut (KH) Agus Prabowo, S. H.

 

(Pen2).