TIM KOLAT KOARMADA II UJI L-1 DAN L-2 KRI PARI – 849

Tarakan – Tuntutan tugas dalam mencegah dan mengamankan perairan yang menjadi tanggung jawab Lantamal XIII perlu adanya kesiapan unsur patroli dan pengawak profesional  yang dituntut untuk memiliki reaksi yang cepat dalam merespon setiap ancaman yang datang. Untuk mengetahui kesiapsiagaan unsur dan pengawaknya, Tim Uji Terampil Glagaspur TA. 2021 Kolat Koarmada II, dipimpin Letkol Laut (P) Woody Oktavia melaksanakan Uji Terampil Glagaspur  L-1 dan L-2  KRI Pari-849.

 

Uji Terampil L-1 dilaksanakan tanggal 28 Mei 2021 dengan penyiapan uji kemampuan Geladi Tugas Tempur Tingkat I meliputi teori, dril-dril pos tempur secara parsial maupun gabungan, dan latihan peran-peran secara menyeluruh yang berlangsung di Dermaga Lantamal XIII.

 

Uji Terampil L-2 dilaksanakan tanggal 30 Mei 2021 dengan berlayar di perairan Tarakan.  Materi uji kemampuan Geladi Tugas Tempur Tingkat II meliputi tahapan persiapan kapal berlayar dan bertempur. Selama dalam Latihan L-2 tim uji memberikan persoalan peran-peran seperti, peran cuaca buruk, peran orang jatuh di laut, peran pemeriksaan dan penggeledahan, peran kebakaran dan peran-peran lainnya. Dalam peran tempur bahaya umum dan  peran tempur bahaya permukaan, KRI Pari-849 melaksanakan latihan menembak dengan menggunakan meriam 12,7 mm.

 

Dalam keterangannya Ketua Tim Uji  L-1/L-2 menyampaikan, dengan adanya L1/L2 ini bertujuan untuk menentukan sejauh mana tingkat kemampuan dan kesiapan tempur KRI Pari-849, sehingga personel nanti sangat yakin dengan kemampuan kapalnya. Ketua Tim juga berpesan agar personel tetap meningkatkan kemampuannya, berlatih terus dan tetap jangan patah semangat.

 

Dansatrol Lantamal XIII Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr.Hanla menegaskan bahwa Satrol Lantamal XIII mempunyai fungsi untuk membina alutsista yang dimiliki, termasuk salah satunya KRI Pari-849 baik personil maupun materiilnya serta  termasuk juga pembinaan operasi dan latihan dalam hal ini diwujudkan dalam program yang sudah terencana, bertingkat dan berlanjut dalam bentuk latihan Uji Terampil Glagaspur Tingkat 1 dan Tingkat 2 atau yang disebut L1 L2 dengan harapan dapat meningkatkan profesionalisme prajurit khususnya prajurit KRI Pari-849,  sehingga dalam setiap melaksanakan operasi dan latihan dapat berjalan dengan baik dan terhindar dari kecelakaan atau Zero Accident.

 

Sedangkan Komandan KRI Pari-849 Mayor Laut (P) Rhony Lutviadhani, S.T., M.Tr.Opsla, berharap uji terampil L-1 dan L-2 ini dapat meningkatkan profesionalisme prajurit KRI Pari-849 dalam melaksanakan segala tugas operasi yang di emban oleh KRI Pari-849.

 

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.