DANLANTAMAL VIII RESMIKAN KAMPUNG BAHARI NUSANTARA

Manado 31 Mei 2021,…. Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA didampingi Ketua Korcab VIII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Tirta Ariwijaya meresmikan Desa Talise Kabupaten Minahasa Utara (Minut) sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN). Senin (31/5).

Peresmian KBN yang di gagas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., tersebut ditandai dengan pembukaan tirai gapura KBN Desa Talise serta dimeriahkan atraksi demo perahu karet dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VIII Bitung, grup masamper dan tarian kabasaran yang dipersembahkan anak-anak Desa Talise.

Dalam sambutannya, Danlantamal VIII mengatakan bahwa pencanangan KBN merupakan salah satu perwujudan tugas TNI AL dalam upaya membantu pemerintah daerah, untuk menciptakan masyarakat maritim yang cinta dan melestarikan laut di daerahnya. Terkait hal tersebut, Danlantamal VIII menyampaikan 5 klaster utama menjadi bagian pembangunan program KBN diantaranya klaster pertahanan dimana masyarakat diberdayakan sebagai komponen pendukung dalam pertahanan negara, klaster ekonomi yakni meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pembinaan kelompok masyarakat/usaha mikro kecil menengah dan pendampingan.

 

Selanjutnya adalah klaster edukasi yakni meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui pembangunan rumah pintar, klaster kesehatan yaitu meningkatkan kesehatan masyarakat melalui penyuluhan dan sosialisasi hidup sehat, memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan, peralatan medis dan obat-obatan. Klaster pariwisata juga menjadi program utama dalam pembangunan KBN dengan menciptakan desa sebagai destinasi pariwisata melalui pemeliharaan dan pelestarian sumber daya alam dan sumber daya buatan.

Oleh karena itu Danlantamal VIII mengharapkan adanya kerja sama yang baik antara TNI AL dengan pemerintah daerah dan instansi lainnya. “Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Minahasa Utara beserta Forkompimda, tokoh masyarakat dan tokoh adat atas dukungan dan kerja samanya, sehingga program KBN di Desa Talise dapat terlaksana sesuai rencana,” ujar Danlantamal VIII.

 

Sementara itu Audy Sambul Kepala Dinas Pariwisata Pemda Minut mewakili Bupati Minut Joune Ganda mengucapkan terima kasih kepada TNI AL khususnya Lantamal VIII atas terpilihnya Desa Talise menjadi Kampung Bahari Nusantara TNI AL. “Melalui KBN TNI AL diharapkan dapat meningkatkan pembangunan Desa Talise dalam segala hal, ungkapnya.

Pada kegiatan peresmian KBN Desa Talise turut diresmikan Anjungan Pintar yang dilengkapi dengan 5 set komputer sumbangan dari Bank Mandiri dan 1.000 buah buku bacaan sumbangan dari Kompas Gramedia dan Yudhistira. Sebelumnya juga telah dilaksanakan bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan pembagian kacamata bagi masyarakat yang membutuhkan, melalui kerja sama dengan Lions Club Manado, Rumah Sakit Mata Provinsi Sulawesi Utara, Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr Wahyu Slamet, Dinas Kesehatan Lantamal VIII dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara.

Turut hadir pada peresmian KBN tersebut Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Apriyani, S.H., M.M., M.Si., (Han)., CHMRP., M.Tr.Opsla, Para Asisten Danlantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII, Kepala Pangkalan Dermaga Kapal Patroli Bakamla Serei, Danramil Likupang Barat, Kapolsek Likupang Barat, Pengurus Korcab VIII Daerah Jalasenastri Armada II, Grup Kompas Manado, Perwakilan Bank Mandiri dan beberapa mitra kerja Lantamal VIII.