Regenerasi Instruktur, Kolat Koarmada II Adakan Latihan Pengoperasian Simulator Sonar

TNI AL. Koarmada II. Surabaya,  29 Mei 2021

Sebagai komando pelaksana pembinaan di lingkup Koarmada II yang mempunyai tugas pokok membina profesionalisme prajurit, penting bagi Komando Latihan (Kolat) Koarmada II untuk regenerasi para instruksturnya. Hal ini diimplementasikan dalam Latihan Pengoperasian Simulator Sonar, yang dilaksanakan di Gedung Submarine Sonar Simulator (SSS) Kolat Koarmada II, Jumat (28/5).

Latihan diikuti sebanyak 25 orang personel Puslatkaprang Kolat Koarmada II. Menurut jadwal mereka akan mengikuti latihan hingga tanggal 8 Juni 2021 mendatang, dengan pelatih yakni para instruktur simulator sonar yang telah melaksanakan training sebelumnya.

Dalam briefing yang disampaikan oleh Komandan Puslat Kaprang Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan, mewakili Dankolat Koarmada II Kolonel Laut (P)  Mulyadi,  latihan pengawak Simulator Sonar yang dilaksanakan merupakan merupakan upaya untuk meregenerasi dan merefresh kembali kemampuan dan membangun rasa percaya diri para Instruktur dalam penguasaan Sonar Simulator yang dimiliki Kolat Koarmada II,  berupa prosedur pengoperasian Simulator Sonar.

“Merupakan suatu keharusan bagi prajurit Kolat untuk memiliki kemampuan mengoperasikan peralatan Simulator Sonar, guna menyiapkan prajurit KRI pengawak Sonar yang profesional nantinya,” ujar Danpuslatkaprang.

Ia menambahkan, sesuai instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, SH, MAP, M.Tr(Han), latihan semacam ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan demi profesionalisme prajurit Kolat Koarmada II.

“Dan disisi lain, latihan ini selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono,khususnya terkait pembangunan SDM TNI AL yang unggul, ” tandas Danpuslatkaprang.

(Pen2)