DANPOSAL TANJUNG BATU DAN PENGAWAK POSAL PANTAI AMAL IKUTI PELATIHAN OPERATOR IMSS GELOMBANG II TA. 2021 DI MANADO

TARAKAN – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam mengoperasikan alat Integrated Maritime Surveillance System (IMSS) yang diawakinya, perwakilan personel Pos TNI AL (Posal) Tanjung Batu dan Posal Pantai Amal yang merupakan Posal jajaran Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan mengikuti kegiatan Pelatihan Operator IMSS Gelombang II TA. 2021 yang berlangsung di Mako Lantamal VIII Manado, Selasa (25/05/21).

Perwakilan dari Posal Tanjung Batu diikuti langsung oleh Danposal Tanjung Batu Letda Laut (P) Heri, sedangkan dari pengawak Posal Pantai Amal diikuti oleh Kopda Eta Irwan Susanto. Kegiatan pelatihan yang dibuka oleh Wakil Asisten Komunikasi dan Elektronika (Waaskomlek Kasal) Laksamana Pertama TNI Dono Herbowo, S.T., M. Tr (Han), CHRMP. pada Senin (24/05/21) tersebut diikuti oleh para pengawak IMSS dari Posal wilayah timur serta Regional Command and Control Center (RCC) Lantamal VIII Manado dan FCC Koarmada II.

IMMS merupakan adopsi radar pantai yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan TNI, khususnya TNI AL dengan meningkatkan jalur Komando, Kendali, Komunikasi, Intelijen, Surveillance dan Reconnaissance melalui penggunaan ground platform yang mengandalkan basis sensor jarak jauh optik dan nirkabel untuk pengawasan wilayah pantai.

Tujuan diselenggarakannya pelatihan yaitu untuk meningkatkan kesiapsiagaan TNI AL melalui kemampuan dan ketrampilan personel dalam mengoperasikan sekaligus pemeliharaan peralatan IMMS guna menunjang pengamanan perairannya dari segala macam tindak pelanggaran hukum yang terjadi di laut.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.