DANLANTAMAL XIII MELAKSANAKAN LAWATAN KE POSMAT JUATA LAUT DAN POSAL BUNYU

TARAKAN – Disela-sela Hari Raya Waisak untuk mengisi kekosongan waktu dan mengenal gelar Posnya, Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Tarakan Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti beserta istri Ny. Sisca Edi Krisna Murti didampingi Asisten Operasi (Asops) Danlantamal XIII dan Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Lantamal XIII melawat secara tidak resmi ke Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Juata Laut dan Pos TNI AL (Posal) Bunyu, Rabu (26/05/21).

Dalam lawatannya Danlantamal XIII beserta rombongan menggunakan Patkamla Sebatik dan Patkamla Sekatak secara beriringan, dengan tujuan lawatan pertama ke Posmat Juata Laut. Tiba di Posmat Juata Laut, rombongan berjumpa langsung dengan Danposmat Letda Laut (E) Agus Prasetyo. Sebagai Danposmat dijelaskan olehnya bahwa bangunan Posmat berdiri di atas dermaga milik masyarakat Juata Laut. Dari Posmat tersebut dapat dimonitoring pelintasan kapal-kapal atau speedboat dari atau ke Tarakan-Bunyu-Nunukan-Tawau.

Selesai mengenal kondisi Posmat Juata Laut, rombongan melanjutkan lawatannya menuju Pulau Bunyu. Keberadaan Posal Bunyu di Pulau Bunyu untuk membantu menjaga obyek vital nasional milik BUMN yang bergerak dibidang eksplorasi tambang minyak, gas dan batu bara. Selama berada di Posal Bunyu Danlantamal XIII menyempatkan berbincang-bincang dengan pimpinan Muspika disana yaitu Camat, Kapolsek, Babinsa dan perwakilan dari Pertamina di Gedung Posal Bunyu. Danposal Bunyu Letda Laut (S) Anton Ansori menjelaskan bahwa Kecamatan Bunyu terdiri dari tiga desa yaitu Bunyu Timur, Bunyu Barat dan Bunyu Selatan dengan jumlah penduduk kurang lebih 11.000 orang.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.