LANTAMAL VIII GELAR PELATIHAN IMSS

Manado, 24 Mei 2021,… Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII menggelar pelatihan operator Integrated Maritime Surveilance System (IMSS) kepada prajurit pengawak IMSS. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Serbaguna Markas Komando (Mako) Lantamal VIII, Jl. Yos Sudarso No 1 Kairagi Weru Paaldua Manado. Senin (24/5).

 

Pelatihan operator IMSS yang digelar selama lima hari sejak tanggal 24 hingga 28 Mei 2021 tersebut diikuti 20 peserta dari pengawak Pos TNI Angkatan Laut (Posal) dan Satuan Radar (Satrad) dibuka Wakil Asisten Komunikasi dan Elektronika Angkatan Laut (Waaskomlekal) Laksamana Pertama TNI Dono Herbowo S.T., M. Tr(Han), mewakili  Askomlekal Laksama Muda TNI I.N.G. Sudihartawan S.PI., M.M.

Askomlekal dalam sambutan pembukaannya yang dibacakan Waaskomlekal  mengatakan bahwa pelatihan yang digelar di Lantamal VIII ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan kemampuan untuk mengoperasikan peralatan dan melaksanakan pemeliharaan dengan baik.

 

Lebih lanjut disampaikan bahwa keberadaan IMSS menunjukkan peningkatan Maritime Domain Awarness (MDA) bangsa Indonesia dalam hal ini TNI Angkatan Laut, untuk mengamankan perairannya dari segala macam tindak ilegal yang terjadi di laut. “Kesiapsiagaan TNI AL dapat semakin meningkat apabila kemampuan sensor radar, Automatic Identification System (AIS) dan Long Range Camera serta peralatan komunikasi diawaki personel yang terampil, ujar Askomlekal.

Oleh karena itu Askomlekal menekankan kepada para peserta pelatihan agar lebih bersungguh-sungguh, serius dan ikhlas dalam menyerap ilmu yang diberikan oleh para instruktur. Ia juga mengharapkan partisipasi dan kerjasama panitia dan instruktur dalam rangka mensukseskan pelatihan operator IMSS TNI AL Gelombang II tahun 2021 di Lantamal VIII ini.

 

Sementara itu Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Waaskomlekal yang mewakili Askomlekal atas kunjungan serta pelatihan kepada operator IMSS, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel Lantamal VIII dalam rangka mendukung penyelenggaraan operasi keamanan laut TNI AL.

Pada pelatihan yang melibatkan instruktur dari Diskomlekal tersebut, Waaskomlekal berkesempatan mengalungkan tanda peserta latihan kepada perwakilan prajurit, sebagai tanda dimulainya latihan IMSS di Lantamal VIII.

 

Turut hadir pada pembukaan tersebut antara lain Para Asisten Danlantamal VIII, Kakuwil Lantamal VIII, Panitia, Instruktur dan peserta latihan.