PALAKSA LANAL MAUMERE TURUT HADIRI RAT KOPDIT PINTU AIR OLEH KEMENTERIAN KOPERASI DAN UMKM RI

Lanal Maumere – Kementerian Koperasi dan UKM RI Bpk Drs. Teten Masduki mengunjungi Kab. Sikka dalam rangka pelaksanaan Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-XXV Tahun Buku 2021 Kopdit Pintu Air, bertempat di Auditorium Lt. III Kantor Pusat Kopdit Pintu Air di Desa Rotat Kecamatan Nita Kab. Sikka. Jumat (21/05/2021).

 

Palaksa Lanal Maumere Mayor Laut (P) Samsul Bahri, M. Tr. Opsla Mewakili Danlanal Maumere turut mendampingi kunjungan MenkopUKM RI tersebut, yang mengambil tema Bersyukur, Bangkit, Berdiri, Berjalan, Tegak, Terhormat (B42T). RAT tersebut langsung dipimpin oleh Menteri Koperasi dan UKM RI.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan bahwa, Kekayaan laut di NTT seharusnya bisa menjadi usaha produktif yang memberikan kesejahteraan bagi anggota koperasi dan masyarakat. “Oleh karena itu, Teten mengharapkan KSP di NTT memanfaatkan kekayaan laut untuk mendorong skala bisnis koperasi sekaligus ikut meningkatkan kualitas SDM masyarakat,” ujarnya. 

MenkopUKM mencontohkan budidaya rumput laut yang dapat menghasilkan keuntungan lebih besar dengan pemeliharaan tidak terlalu sulit. Bahkan rumput laut memiliki berbagai nilai tambah jika diolah menjadi tepung bahkan dapat diekspor ke luar negeri. 

“Rumput laut untungnya berkali-kali lipat dibandingkan garam. Dapat diolah menjadi tepung dan diekspor,” tambahnya. 

Sebelumnya, MenkopUKM telah menegaskan bahwa KSP perlu melakukan  transformasi bisnis dengan mulai masuk membiayai sektor-sektor produktif disekitarnya.  Seharusnya usaha produktif sektor kelautan menjadi fokus dari KSP di NTT.  

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni Deputi Bidang Perkoperasian Ahmad Zabadi,  Kepala Dinas Koperasi Prov. NTT Ibu Silvia R. Pekudjawang, S.P., M.M, Wakil Bupati Sikka Bpk. Romanus Woga, Ketua DPRD Sikka Donatus David, S.H, Kapolsek Nita IPTU Valentinus Tani, Kasi Barang Bukti Kejari Sikka Pande Suastika, S.H, Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM Kab. Sikka Drs. Lukman,M.Si., Camat Nita Avelinus Yuvensius, S.Sos, Ketua KSP. Kopdit Pintu Air Rotat Yakobus Jano, Pengurus Cabang Kopdit Pintu Air serta Anggota Kopdit Pintu Air yang di wakil oleh masing – masing 3 orang dari Masing Cabang yang tersebar di Wilayah Indonesia (Cabang Sulsel, Cab. Jawa Timur, dan Cab. Jakarta ), dan Tokoh Masyarakat Kab. Sikka Bpk. Drs Alexander Longginus.

 

@penlanalmaumere