SATROL LANTAMAL XIII TERJUNKAN KAL BUNYU II-13-48 BANTU PENCARIAN ORANG HILANG DI LAUT

TARAKAN – Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI AL XIII (Satrol Lantamal XIII) Tarakan yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr.Hanla. mengerahkan unsur KAL Bunyu II-13-48 yang sedang melaksanakan operasi Gakkum di perairan Kaltara dan sekaligus menginformasikan kepada Pos TNI AL (Posal) Bunyu untuk memberikan bantuan SAR terhadap nelayan  yang hilang di laut, tepatnya di Perairan Marungu, Pulau Tias, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (19/05/21).

 

 

Berdasarkan laporan yang diterima, diduga terjadi kecelakaan kapal dengan Man Overboard 1 orang di perairan Marungu yaitu pada Senin (17/05/2021) pukul 08.00 Wita, dengan korban seorang nelayan laki-laki a.n Sudirman (58) warga Lingkas Ujung Tarakan. Kejadian tersebut diketahui dari adanya informasi dari KP.3 Tarakan Bapak Imron pada Rabu (19/05/21) pukul 09.55 Wita bahwa telah terjadi kecelakaan Kapal Long Boat dengan POB 1 orang hilang pada saat mencari udang di Perairan Marungu, Pulau Tias, adapun korban pergi melaut mencari udang pada Senin (17/05/21) pukul 08.00 Wita dan hingga saat ini belum kembali namun kapal korban ditemukan berada di sekitar Perairan Marungu, Pulau Tias, Kabupaten Bulungan.

 

Selanjutnya Tim SAR Gabungan yang terdiri dari, Satrol Lantamal XIII, Team Rescue Kantor SAR Tarakan, Polairud Polda Kaltara dan Polairud Bulungan bergegas melaksanakan koordinasi untuk menindaklanjuti kejadian tersebut. Dengan menggunakan sarana D-Max, RIB 02 TRK, Peralatan Medis 1 Set dan Peralatan Komunikasi, Tim SAR Gabungan hingga saat ini melaksanakan pencarian di sekitar lokasi kejadian.

 

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal XIII) Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti sebelumnya telah memberikan arahan kepada Asisten Operasi (Asops) Danlantamal XIII Kolonel Laut (P) Sri Rakhmadi, M.Tr.Hanla dan Komandan Satrol (Dansatrol) Lantamal XIII agar memberikan bantuan SAR terhadap siapapun yang mengalami musibah dilaut.

 

 

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.