IRKOARMADA II HADIRI UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-113

TNI AL.Koarmada II. Surabaya, 20 Mei 2021

Inspektur Koarmada II Laksma TNI Arief Muchtarom, S.E., M.Si (Han),C.Fr.A mewakili Pangkoarmada II, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Jawa Timur (Jatim) menghadiri Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-113 Tahun 2021, yang diselenggarakan di halaman gedung Grahadi Surabaya, dengan Inspektur upacara Gubernur jawa timur Dr. H. Khofifah Indar Parawansa,M.Si. Kamis (20.05.2021).

Pada kesempatan itu juga, Gubernur jawa timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan kepada generasi muda Indonesia agar tidak lupa tentang 3 hal penting tentang dasar2 kebangkitan Nasional bagi Bangsa indonesia yang di retas oleh perhimpunan Budi Utomo pada 113 Tahun lalu. Yang pertama yaitu Cita-cita untuk memerdekakan kemanusiaan, kedua memajukan Nusa dan bangsa serta yang ketiga yaitu mewujudkan kehidupan Bangsa yang terhormat dan bermartabat dimata Dunia. Tiga hal di atas merupakan subtansi makna kebangkitan nasional yang harus di pertahankan dan diaktualitasikan lintas generasi. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga mengingatkan kepada generasi muda Indonesia agar tidak lupa, bahwa kita pernah berikrar bersama. Bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia.

Selesai upacara di Grahadi acara dilanjutkan dengan melaksanakan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Dr. Soetomo.

Sementara itu terkait peringatan Harkitnas Ke-113 tahun 2021 yang mengusung tema “ Bangkita, Kita Bangsa Yang Tangguh !”, Irkoarmada II mengungkapkan jika kegiatan Ziarah dan upacara dilakukan demi meneguhkan dan menjaga nilai-nilai kebangkitan nasional dengan melakukan penghormatan pada para pahlawan di masa lalu.

Turut hadir dalam ziarah tersebut yakni Gubernur Jatim, Wakil Gubernur Jatim, Kasdam V/Brawijaya, Wakil Gubernur AAL , Dankodikdukum, Wakapolda Jawa Timur, Palaksa Lanudal Juanda, Unsur Pejabat Forkopimda , serta para Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda.

 

(Pen2)