DANLANAL PULAU ROTE HADIRI RAKOR KEPALA DAERAH DAN UNSUR FORKOPIMDA SE – INDONESIA SECARA VIRTUAL DENGAN PRESIDEN RI

Lanal Pulau Rote – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Pulau Rote Letkol Laut (P) Anis Latif, M. Tr. Hanla, M. M. mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Daerah dan unsur Forkopimda se Indonesia pasca Hari Raya Idul Fitri dan libur secara virtual dengan Presiden Republik Indonesia bertempat di Ruang TBUPP Lantai II Kantor Bupati Rote Ndao, Kompleks Perkantoraan Bumi Ti’i Langga Permai, Kec. Lobalain, Kab. Rote Ndao, NTT. Senin (17/05/2021).

Rakor kepala daerah dan unsur Forkopimda se Indonesia secara virtual pasca Hari Raya Idul Fitri dan libur dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dari Istana Negara Jakarta.

 

Pada kesempatan tersebut Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo memberikan arahan, pada kutipan “Pasca pemberlakuan penyekatan mudik, sebanyak 1,1% (1,4juta) warga masih mudik sehingga diharapkan kasus aktif Covid-19 tidak sebanyak tahun sebelumnya. Saat ini kasus aktif menjadi 90.800 kasus (48,6%) pada 16 Mei, sehingga diperlukan ketahanan. Untuk perkembangan kasus mingguan, 15  Provinsi saat ini mengalami kenaikan kasus (mayoritas di Sumatera). Diminta para Kepala daerah perhatikan faktor ketersediaan tempat tidur (Bed Occupancy Rate) di rumah sakit. Terhadap kenaikan mobilitas masyarakat di lokasi zona merah dan orange harus dilakukan penutupan lokasi wisata dan bagi zona lainnya penerapan protokes harus dioptimalkan. Perlu waspada terhadap varian baru Covid-19. Jika terdapat kasus varian baru agar segera di isolasi dan lakukan tracing kontak erat. Terkait pertumbuhan ekonomi, tahun 2021 harus mulai masuk masa pemulihan ekonomi kuartal I 2021 diangka -0,74% dimana target ekonomi nasional tahun 2021 diangka 7%. Diminta seluruh Kada punya tanggung jawab yang sama dalam pertumbuhan ekonomi. Hal-hal yang disampaikan agar menjadi basis data dan memberi semangat dalam atasi persoalan ekonomi dan Covid-19.”

Mendagri dalam sambutannya, yang intinya “ Pemberlakuan PPKM skala mikro dianggap efektif dalam pengendalian kasus di Indonesia dimana setiap Minggu dilakukan rakor bersama lintas kementerian dan bersama kepala daerah dan forkopimda. Kepala daerah sebagai pimpinan Forkopimda agar memanfaatkan forum ini sehingga kompak dalam laksanakan kebijakan di daerah dalam penanganan Covid-19. Kepada seluruh Kepala daerah satu sikap sesuai arahan Presiden dalam strategi penanganan Covid-19.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Rote ndao, Wakil Bupati Rote Ndao, Ketua DPRD Rote Ndao, Danlanal P. Rote, Dandim 1627/RN, Wakapolres Rote Ndao, Kepala kejaksaan Negeri Rote Ndao, Kepala Pengadilan Negeri Rote Ndao, Sekda Kab. Rote Ndao.

Kegiatan yang dilaksanakan Danlanal Pulau Rote tersebut sejalan dengan perintah harian dan penekanan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan. Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta Keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19 serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau “the new normal” dilingkungan TNI Angkatan Laut.”

 

Sampai dengan selesainya kegiatan berjalan tertib, aman dan lancar

 

/ Dispen Lantamal VII