SATROL LANTAMAL XIII BANTU PENGAMANAN PENGENDALIAN TRANSPORTASI LAUT PADA MASA IDUL FITRI 1442 H/2021 M

TARAKAN – Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Kalimantan Utara khususnya Kota Tarakan, Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) memberikan bantuan pengamanan terpadu dalam rangka Pengendalian Transportasi Laut pada masa Idul Fitri 1442 H/2021 M yang berlangsung di Pelabuhan Tengkayu 1 SDF dan Pelabuhan Umum Malundung Tarakan, Minggu (16/05/21).

 

Dua personel Satrol Lantamal XIII a.n. Peltu Ttg Yusdin dan Klk Tlg Yulius sesuai Surat Perintah Komandan Satrol (Dansatrol) Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr.Hanla. akan membantu pengamanan sebelum dan sesudah hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M yaitu terhitung mulai tanggal 07 s/d 24 Mei 2021.

 

Pelaksanaan Pengamanan dan Pengendalian Transportasi Laut sebagai wujud sinergitas TNI-Polri dan unsur Maritim serta instansi terkait untuk menciptakan situasi aman dan kondusif bagi masyarakat dalam merayakan hari raya Idul Fitri 1442 H/2021 M serta sekaligus menertibkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan karena situasi masih pandemi Covid-19. Hal ini menindaklanjuti Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/2021 M dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

 

Selain itu Danlantamal XIII Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti sebagai Dansatgas Laut dalam Penanganan Penyebaran Covid-19 di wilayah pelabuhan dan perairan Kaltara, Satrol Lantamal XIII sebagai pelaksana diperintahkan menyiagakan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) yang dimiliki yaitu Patkamla Sebatik dan Patkamla Sekatak dalam melaksanakan pengawasan kapal-kapal yang berlayar sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam pengendalian transportasi laut masa pandemi Covid-19 terutama menghadapi sebelum, selama dan sesudah perayaan Idul Fitri 1442 H/2021 M.

 

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.