DANLANTAMAL VIII HADIRI PENGARAHAN PRESIDEN RI KEPADA KEPALA DAERAH SE – INDONESIA

Lantamal VII – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., Hadiri Pengarahan Presiden Republik Indonesia kepada Kepala Daerah Se – Indonesia secara Virtual, bertempat di Ruang Rapat Asisten Lantai 2, Kantor Gubernur Prov. NTT, Jl. El Tari No.52, Oebobo, Kec. Kota Raja, Kota Kupang, NTT. Senin (17/05/2021).

Dalam kesempatan tersebut Presiden RI Joko Widodo memberikan pengarahan, pada kutipan “Pasca pemberlakuan penyekatan mudik, sebanyak 1,1% (1,4juta) warga masih mudik sehingga diharapkan kasus aktif Covid-19 tidak sebanyak tahun sebelumnya. Saat ini kasus aktif menjadi 90.800 kasus (48,6%) pada 16 Mei, sehingga diperlukan ketahanan. Untuk perkembangan kasus mingguan, 15  Provinsi saat ini mengalami kenaikan kasus (mayoritas di Sumatera). Diminta para Kepala daerah perhatikan faktor ketersediaan tempat tidur (Bed Occupancy Rate) di rumah sakit. Terhadap kenaikan mobilitas masyarakat di lokasi zona merah dan orange harus dilakukan penutupan lokasi wisata dan bagi zona lainnya penerapan protokes harus dioptimalkan. WHO sampaikan indikator pengendalian Covid melalui 3T. Jika terdapat 1 kasus positif, agar di tracing dengan benar dan lakukan karantina/isolasi dengan pelaksanaan prokes Covid-19. Perlu waspada terhadap varian baru Covid-19. Jika terdapat kasus varian baru agar segera di isolasi dan lakukan tracing kontak erat. Terkait pertumbuhan ekonomi, tahun 2021 harus mulai masuk masa pemulihan ekonomi kuartal I 2021 diangka -0,74% dimana target ekonomi nasional tahun 2021 diangka 7%. Diminta seluruh Kada punya tanggung jawab yang sama dalam pertumbuhan ekonomi. Terdapat 10 provinsi yang positif pertumbuhan ekonomi di kuartal I tahun 2021 (termasuk NTT), agar lebih bekerja keras dan optimis sehingga diperoleh target pertumbuhan ekonomi diatas 7%, sehingga faktor kesehatan dan pertumbuhan ekonomi dapat berjalan beriringan. Hal-hal yang disampaikan agar menjadi basis data dan memberi semangat dalam atasi persoalan ekonomi dan Covid-19.”

Pada kegiatan tersebut Mendagri memberikan sambutannya, pada kutipan “Perlu kendalikan Covid-19 dan pemulihan ekonomi dimana terdapat kebijakan yang beragam dilakukan. Ada saatnya menginjak gas dan menginjak rem sesuai analogi yang disampaikan Presiden RI. Pemberlakuan PPKM skala mikro dianggap efektif dalam pengendalian kasus di Indonesia dimana setiap Minggu dilakukan rakor bersama lintas kementerian dan bersama kepala daerah dan forkopimda. Indikator Pandemi Covid-19 jadi menu harian yang wajib diketahui para Kepala daerah yakni trend angka positif, trend angka kesembuhan, trend angka kematian dan trend angka ketersediaan tempat tidur (BOR). Kepala daerah sebagai pimpinan Forkopimda agar memanfaatkan forum ini sehingga kompak dalam laksanakan kebijakan di daerah dalam penanganan Covid-19. Momentum hari raya perlu disikapi dengan baik dimana kekompakan kepala daerah dengan pemerintah merupakan suatu keniscayaan yang dapat memepengaruhi naik atau turun nya angka pengendalian covid 19. kepada seluruh Kepala daerah diminta agar arahan Presiden satu sikap dan strategi dalam penanganan Covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., tersebut sejalan dengan perintah harian dan penekanan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan. Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta Keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19 serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau “the new normal” dilingkungan TNI Angkatan Laut.”

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur NTT, Wakil Gubernur NTT, Ketua DPRD Prov. NTT, Kapolda NTT, Danlantamal VII, Kabinda Prov. NTT, Danlanud El Tari, Danrem 161/Ws, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi NTT, Wakajati NTT, Sekda Provinsi NTT,  Para Kepala Biro dan Kepala Dinas Prov. NTT

 

Sampai dengan selesai kegiatan Pengarahan Presiden Republik Indonesia kepada Kepala Daerah Se – Indonesia secara Virtual berjalan tertib, aman dan lancar.

 

/ Dispen lantamal VII