PERSONEL POS TNI AL SUNGAI DANAU DAN POS PENGAMAT TNI AL MUARA SATUI BANTU KORBAN BANJIR DI KECAMATAN SATUI

TARAKAN – Personel Pos TNI AL (Posal) Sungai Danau jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin dan Pos Pengamat (Posmat) TNI AL Muara Satui jajaran Lanal Kotabaru melaksanakan pememberian bantuan SAR terhadap banjir di wilayah Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, Jum’at (14/05/21).

Personel Posal Sungai Danau dan personel Posmat TNI AL Muara Satui bekerja sama dengan Tim SAR gabungan yang terdiri dari Koramil Satui, Polsek Satui, Pos Polairud Polda/Polres di Muara Satui, BPBD Kec. Satui dan Pemerintah Kecamatan sampai tingkat Desa beserta Relawan Kemanusiaan di wilayah Satui berusaha memberikan bantuan dan evakuasi bagi para korban yang terdampak banjir ke Lokasi penampungan pengungsi di SMPN 4 Satui, Gedung Serbaguna dan Gd. Majelis Taklim Kec. Satui.

Adapun wilayah yang terkena banjir antara lain Desa Sinar Bulan, Desa Sungai Danau dan Desa Satui Barat. Laporan kerugian akibat banjir di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan hari Sabtu tanggal 15 Mei 2021 pukul 15.00 Wita yakni, kerugian personel meninggal dunia Nihil, pengungsi 3.891 KK atau 13.433 jiwa dan 2.126 rumah terendam air serta lebih kurang 55 hektare lahan siap panen terendam air.

Pemerintah Kecamatan Satui dan Tim SAR gabungan telah menyiapkan Posko penanggulangan bencana banjir yang berada di kantor Koramil Satui dengan penanggung jawab Camat Satui dan sampai dengan saat ini ketinggian air yang merendam di beberapa rumah warga sudah mulai surut (Lk 20-30 cm), namun beberapa rumah warga yang berada di tempat rendah belum bisa ditempati.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.