PASINTEL LANAL MAUMERE IKUTI RAKOR PEMBENTUKAN POSKO PENGENDALIAN TRANSPORTASI LAUT

Lanal maumere – Perwira Staf Intelijen Pangkalan TNI AL (Pasintel Lanal) Maumere, Mayor Laut (P) Moh. Makruf hadiri Rapat Koordinasi Pembentukan Posko Pengendalian Transportasi Laut  menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2021, bertempat di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) L. Say Maumere, NTT. Rabu, (05/05/2021).

Pada rapat tersebut peserta menyampaikan beberapa hal antara lain Pelindo III Maumere siap mendukung Pembuatan dan Pelaksanaan Posko Terpadu. Kadis Perhubungan dari dinas perhubungan sudah membuatkan surat edaran bagi pelaku perjalanan laut darat dan udara serta siap mendukung pembuatan posko terpadu. Kakansar Maumere koordinasi yang baik antar instansi jangan hanya hadir saat rapat namun hadirlah saat pelaksanaan posko terpadu tersebut, juga mohon ditertibkan kapal-kapal yang tidak melengkapi alat keselamatan serta kelebihan kapasitas angkut kapal, diharapkan selesai pelaksanaan posko terpadu diadakan rapat evaluasi. Kacabang Pelni Maumere, Kapal Pelni yang hanya beroperasi mengangkut logistik tanggal 06 -17 Mei 2021 pengecualian untuk TNI- Polri ASN namun harus dilengkapi dengan surat tugas. Pol Air Maumere, siap mendukung kegiatan tersebut dengan keterbatasan personil menyesuaikan dengan kegiatan yang ada. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Pembangunan posko ada 2 tempat 1 Posko kesehatan di pintu pelabuhan dermaga, 1 posko terpadu di gate luar untuk tim gabungan, setiap penumpang akan dilaksanakan pengecekan kesehatan dan administrasi serta akan dilakukan karantina baik terpusat atau mandiri. Pasintel Lanal Maumere, kegiatan tersebut jangan hanya menjadi rutinitas yang begitu-begitu saja namun harus selalu siap menghadapi kemungkinan, sarana prasarana terutama alat komunikasi untuk berkoordinasi baik instansi terkait maupun dengan kapal-kapal, Lanal Maumere menyiapkan kapal, searider dan perahu karet untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan, mohon masing-masing instansi agar untuk memonitor jadwal kegiatan kedatangan kapal baik Pelni atau kapal antar pulau serta ciptakan keamanan dan kenyamanan untuk kita semua serta selalu menerapkan protokol kesehatan. Kepala pos KP3 Laut, menyarankan untuk ketertiban dan pertanggungjawaban agar dibuatkan nama-nama yang bertugas di posko terpadu tersebut dari masing-masing instansi.

Kegiatan yang dilaksanakan Pasintel Lanal Maumere tersebut sejalan dengan perintah harian dan penekanan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19 serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau “the new normal” dilingkungan TNI Angkatan Laut. Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan. Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta Keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar.”

 

Hadir dalam rapat Pasintel Lanal Maumere, Kepala KP3 Laut L Say, Perwakilan Pol Air Maumere, Kakansar Maumere, Perwakilan Dinas Perhubungan Kab. Sikka, Perwakilan Pelindo III Maumere, Kacab. Pelni Maumere, Kepala kantor kesehatan Pelabuhan L. Say Maumere, Kantor stasiun radio Pantai, serta Perwakilan Perusahaan Jasa Maritim

 

/ Dispen Lantamal VII.