PRAJURIT POSAL ENDE MENGIKUTI APEL GELAR PASUKAN OPERASI KETUPAT RANAKAH – 2021 TINGKAT KABUPATEN ENDE

 

Lanal Maumere – Prajurit Pos TNI AL (Posal) Ende mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Ende, bertempat di lapangan apel Mapolres Ende, Jl. Pahlawan Kel. Kota Raja, Kec. Ende Utara, Kab. Ende,NTT. Rabu (05/05/2021).

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah – 2021 Tingkat Kabupaten Ende dengan Tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah 2021 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1442 H Pada Masa Pandemi Covid-19” tersebut dengan Inspektur Upacara  Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, M.M., Komandan Upacara Kasi Keu Polres Ende Ipda I Gede Wisna, S.H., dan  Perwira Upacara Kabag Ops Polres Ende AKP I Wayan Oka Deswanta, S.E. serta diikuti oleh 1 SST gabungan Subden Pom Ende  dan personel Posal Ende, 1 SST Kodim 1602/Ende, 1 SST Sabhara Polres Ende, 1 SST Personil Staf Polres Ende, 1 SST Sat Lantas Polres Ende, 1 SST Sat Intelkam dan Sat Reskrim Polres Ende, 1 SST Pol PP Kab. Ende, 1 SST Dishub Kab. Ende, 1 SST Senkom Ende dan 1 SST Pemuda Lintas Agama Kab. Ende.

Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad, M.M., sebagai inspektur upacara membacakan sambutan tertulis Kapolri dalam rangka Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah – 2021 menyampaikan beberapa penekanan dalam rangka pengamanan Idul Fitri tahun 2021 antara lain : Siapkan mental fisik saudara yang dilandasi oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat; Lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan Bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin; Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H;  Gelar kekuatan Polri pada pos-pos pengamanan dan pelayanan serta di titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas; Utamakan keselamatan anggota yang bertugas di lapangan dengan mencermati perkembangan situasi saat ini; Waspadai maraknya aksi tawuran antar warga, sweeping atau razia tempat hiburan oleh kelompok masyarakat serta berbagai bentuk gangguan kamtibmas lainnya; Cegah aksinya balap liar, kebut-kebutan, pengendara motor yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas; Gandeng tokoh Agama dan stakeholder terkait lainnya untuk mensosialisasikan secara masif agar masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling; Cegah masyarakat tidak bermain petasan maupun kembang api yang membahayakan keselamatan jiwa pada saat Idul Fitri 1442 H, tahun 2021; Koordinasi dengan satgas Covid-19 dan stakeholder terkait lainnya untuk lakukan pengawasan terhadap tempat tempat wisata agar membatasi jumlah pengunjung; Satgas pangan agar betul betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan pokok; Laksanakan penegakan hukum secara profesional seta bertindak secara tegas namun humanis setiap kepada pelanggar gangguan kamtibmas maupun kamseltibcar lantas dan laksanakan Kerja sama yang harmonis dan sinergis dengan seluruh instansi dan segenap potensi masyarakat.

 

Kegiatan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Agar menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan. Menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar.”

 

Hadir dalam apel gelar  Dandim 1602/Ende Letkol Inf. Nelson Paido Makmur, SIP., Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana, SIK., Kajari Ende, Romlan Robin, SH. MH., Ketua Pengadilan Negri Ende, Herbert Harefa, SH.,MH., Wakapolres Ende, Kompol I Ketut Suka Abdi, S.E., Pasi Ops Kodim 1602/Ende, Kapten Inf. Yulius Subnafeu, Dansubden Pom Ende Lettu CPM Stefanus Kopong Ola, Danki Brimob Kompi B Pelopor Ende Iptu Antonio Cortereal, Kaban Kesbangpolda Kab. Ende, Gabriel Dala,S.Sos., Kadis Perhubungan Kabupaten Ende Mustakim Mad Mberu, ST dan Danposal Ende Peltu Mes Fransisco BJ .

 

By. Dispen Lantamal VII