PRAJURIT LANAL LABUAN BAJO APEL GELAR PASUKAN OPERASI KETUPAT RANAKAH TAHUN 2021

Lanal Labuan Bajo – Prajurit Lanal Labuan Bajo mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranaka tahun 2021 dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 di masa pandemi Covid-19 yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, bertempat di lapangan Apel Polres Manggarai Barat, Jl. Frans Nala, Kel. Wae Kelambu, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, NTT. Rabu (05/05/2021).

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranaka tahun 2021 dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 di masa pandemi Covid-19 yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia tersebut dengan Pimpinan Apel Bupati Manggarai Barat Bpk. Edistasius Endi, SE dan Komandan Apel Kanit Regident Satlantas Polres Manggarai Barat Ipda Budha. Adapun pasukan yang terlibat 1 SST Polres Manggarai Barat, 1 SST Satlantas Polres Manggarai Barat, 1 Peleton Brimob Kompi 4 Labuan Bajo, 1 Peleton Gabungan Koramil 1612-02/Komodo dan TNI-AU, 1 Peleton Polair Labuan Bajo, 1 Peleton Dishub Manggarai Barat, 1 Peleton Satpol PP Manggarai Barat, 1 Peleton Damkar Manggarai Barat dan 1 Peleton prajurit Lanal Labuan Bajo.

Dalam Amanat Kapolri yang dibacakan oleh Pimpinan Apel menyampaikan bahwa Apel gelar pasukan di masa pandemi covid-19, sebagai bentuk  pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi “Ketupat-2021” dalam rangka  pengamanan hari raya idul fitri 1442 H/2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya. mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, keterlibatan pasukan dalam apel kali ini memang sengaja tidak terlalu besar namun diharapkan sudah mewakili semua unsur yang terlibat dalam operasi sehingga kita dapat menilai kesiapsiagaanya.

“Tahun 2021 pemerintah memutuskan melarang kegiatan mudik bagi seluruh masyarakat pada tanggal 6 sampai dengan 17 MEI 2021, ini adalah tahun kedua dimana pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melarang warga masyarakat melakukan perjalanan mudik pada libur hari Raya Idul Fitri, karena situasi pandemi Covid-19. Kegiatan-kegiatan keagamaan utamanya pada ramadhan dan Idul Fitri 1442 H harus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat sesuai surat edaran menteri agama”, lanjutnya.

Kegiatan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Agar menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan. Menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar.”

Turut hadir dalam apel gelar Kapolres Manggarai Barat, Dandim 1612/Manggarai, Danlanal Labuan Bajo,  Ketua MUI Manggarai Barat, Danki Brimob Kompi 4 Labuan Bajo, Danramil 1612-02/Komodo, Kaperlan TNI AU Labuan Bajo, Para Perwira Polres Manggarai Barat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

 

By. Dispen Lantamal VII