DANPOSAL LEMBATA IKUTI RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN PPKM SKALA MIKRO DAN RELOKASI TEMPAT TINGGAL PASCA BENCANA DI KAB. LEMBATA.

Lanal Maumere – Komandan Pos TNI AL (Danposal) Lembata Ikuti Rapat Koordinasi pelaksanaan Penanganan dan pengendalian terhadap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro dan Relokasi tempat tinggal pasca Bencana di Kab. Lembata, bertempat di di Ruang Rapat Bupati, Jl. Trans Lembata, Kel. Lewoleba Timur, Kec. Nubatukan, Kab. Lembata, NTT. Selasa, (04/05/2021).

Rapat Koordinasi pelaksanaan Penanganan dan pengendalian terhadap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro dan Relokasi tempat tinggal pasca Bencana di Kab. Lembata di pimpin oleh Sekda Kab. Lembata.

 

Arahan Bupati Lembata yang dibacakan Sekda Kab. Lembata yang intinya Penetapan PPKM skala Mikro untuk Kec. Ile Ape, terhadap Pengungsi yang berada di kebun kebun yang berada di Kec. Ile Ape, antara lain pengaturan pengungsi di posko posko sesuai dengan Peraturan Kemendagri, Satgas tingkat Desa harus aktif, dalam penerapan PPKM Mikro dibatasi, apabila dilanggar maka kita akan memberi sanksi pemberhentian jabatan kepada Kepala Desa dan melaporkan kepada Mendagri,  untuk masing-masing Kepala Desa harus pro aktif terhadap warganya agar selalu mentaati tentang PPKM Skala Mikro. Kegiatan belajar mengajar tetap berlaku di wilayah Lembata, baik di Posko Pengungsian maupun ditempat tempat pengungsi yang berada di kebun kebun, namun tetap memperhatikan Prokes, Semua bantuan yang masuk dari luar agar tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat. Diharapkan kepada Kepala Desa agar mendata dengan benar warganya yang sesuai dengan kriteria yang berhak menerima kunci rumah nantinya.

 

Pada kesempatan tersebut Kapolres Lembata, menyampaikan Penetapan PPKM berskala Mikro, Kami harapkan kepada Kepala Desa agar Pengungsi yang berada di kebun kebun didata dan menjadikan dalam satu posko, dengan tujuan membatasi ruang gerak terhadap keluar masuknya orang di lokasi Pengungsi, memfilter terhadap penyebaran covid di tempat tempat Pengungsi, agar masing-masing Kepala Desa mewaspadai terhadap barang yang masuk. Untuk Posko posko Pemerintah terpusat, Agar di tiap tiap Kelurahan diterapkan juga PPKM berskala Mikro, dalam rangka memanimalisir penyebaran covid.

 

Plt. Kadis Pera KPP Kab. Lembata, memberikan himbauan yang intinya sebagai berikut Update perkembangan fisik Pembangunan 2 unit rumah contoh RISHA saat ini pada tahap pemasangan tembok. Untuk Rumah contoh 3-4 telah diambil koordinat didepan pintu masuk namun belum pemasangan pondasi. Ditaksir akhir bulan Agustus Pembangunan sudah final.

 

Kegiatan yang dilaksanakan Danposal Lembata tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan. Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

 

Hadir dalam kegiatan Sekda Kab. Lembata, Kapolres Lembata,  Perwakilan Kodim 1624/Flotim,  Danramil 1624-03/Lewoleba, Danpos TNI AL Lembata, Pimpinan OPD Setda Kab. Lembata, Para Camat di Kab. Lembata serta Para Kepala Desa di Kec. Ile Ape dan Kec. Ile Ape Timur yang terdampak bencana.

 

/ Dispen Lantamal VII