PRAJURIT POSAL PULAU BUNYU BANTU SAR KORBAN ORANG HILANG KONTAK DILAUT

TARAKAN – Prajurit Pos TNI AL (Posal) Pulau Bunyu jajaran Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan melaksanakan perbantuan pancarian atau Search And Rescue (SAR) terhadap korban orang hilang kontak di Laut Perairan Tarakan, tepatnya di wilayah perairan antara Pulau Selayu dan Tarakan, Minggu (02/05/21).

Berawal dari adanya informasi dari Perwira Dinas (Padis) Jaga Mako Lantamal XIII yang menyampaikan bahwa telah terjadi orang hilang kontak di Laut Perairan Tarakan a.n Salam Chandra, pria (42), pekerjaan nelayan, beralamat di Jembatan Besi No. 42, Rt. 07/002, Kel. Lingkas Ujung, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan. Adapun informasi tersebut bersumber dari pelapor a.n Mumammad Arsyad, pria (29), pekerjaan Wiraswasta, alamat Jembatan Besi Rt. 07/002, Kel. Lingkas Ujung, Kec. Tarakan Timur yang menyampaikan bahwa, pada Sabtu (01/05/21) pukul 08.00 Wita, korban menggunakan speed boat 40 PK seorang diri dari Pulau Selayu arah Tarakan usai melakukan aktifitas di Tambak, saat dalam perjalanan korban menghubungi ayahnya bahwa korban kehabisan bahan bakar. Selanjutnya Prajurit Posal Pulau Bunyu mengambil tindakan untuk berkoordinasi dengan Polairud Polda Kaltara, Basarnas Tarakan dan KUPP Kelas III Pulau Bunyu guna melakukan SAR terhadap korban dan menghimbau kepada seluruh nelayan apabila ada yang melihat keberadaan korban agar segera menghubungi Posal Pulau Bunyu untuk segera diberikan tindakan pertolongan.

Setelah dilaksanakan pencarian terhadap korban hingga Minggu (02/05/21) pukul 10.15 Wita oleh Prajurit Posal Pulau Bunyu menggunakan Speed Boat Kamla Posal Pulau Bunyu bersama Polairud Polda Kaltara dan Basarnas Tarakan di sekitaran titik koordinat hilangnya korban dan daerah tugu gusung namun belum ditemukan. Sehingga pada pukul 12.00 Wita, pencarian terhadap korban dibagi menjadi tiga sektor antara lain, Basarnas melaksanakan pencarian di area laut lepas, Polairud dan Posal menyisir sepanjang pantai di area titik koordinat hilangnya kontak.

Dengan melibatkan unsur Satrol Lantamal XIII, Posal Pulau Bunyu, Basarnas Tarakan, Ditpolairud Polda Kaltara dan masyarakat nelayan, pada pukul 14.00 Wita didapat informasi bahwa korban ditemukan dalam keadaan selamat pada koordinat 03⁰24’081” N 118⁰07’57,4”, selanjutnya korban beserta speed boatnya dibawa menuju Tarakan dan pada pukul 14.15 Wita, Tim SAR Posal Pulau Bunyu kembali ke Posal dalam keadaan aman terkendali.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.