PANGKOARMADA II GELAR EXIT BRIEFING

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 03 Mei 2021.

Menjelang akhir masa jabatannya sebagai Panglima Komando Armada II, Laksamana Muda TNI I NG Sudihartawan mohon pamit kepada seluruh prajurit dan anggota PNS Koarmada II melalui Exit Briefing yang digelar di Gedung Panti Tjahaya Armada, Ujung, Surabaya pada Senin (03/05).

Kepada prajurit seluruh dan PNS, Laksda Sudihartawan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh perwira jajaran Koarmada II yang telah bekerja keras dan ikhlas yang diberikan selama dirinya beban sebagai nomor satu di jajaran Koarmada II.

“Exit Briefing penting dilaksanakan sebagai sarana untuk memberikan arahan dan menggunakan tugas-tugas Koarmada II mendatang dengan kepemimpnan yang baru. Kegiatan ini juga untuk menyampaikan terimakasih atas dukungan selama ini sekaligus menyampaikan permohonan diri dan permohonan maaf kepada seluruh jajaran Koarmada II, ”tutur Laksda Sudihartawan saat mengawali pidatonya.

 

Pada kesempatan ini Laksda Sudihartawan berpesan agar mereka tetap menunjukan bahwa prajurit Koarmada II harus hebat, energik, responsif, dan unggul serta harus dapat dijadikan etalase TNI Angkatan Laut dengan sosok, figur dan profesional di bidang tugasnya.

Pada bagian lain dalam amanatnya, Laksda Sudihartawan juga menyampaikan beberapa hal yang terkait dengan pelaksanaan tugas selama dalam sebagai Pangkoarmada II sejak tanggal 07 Oktober 2020 sampai saat ini, di antaranya bidang perencanaan anggaran, Koarmada II mampu melaksanakan perencanaan dan pengendalian anggaran sesuai Kebijakan Money Follows Program dan penggunaan anggaran sesuai prioritas secara transparan dan akuntabel.

 

Bidang intelijen, Koarmada II mampu penyelidikan maritim dengan meningkatkan deteksi lapor dini posal, pesud, KRI, Lanal dan Lantamal. Koarmada II yang mampu melaksanakan rencana operasi dan rencana bidang operasi TNI / TNI AL dan mampu membangun siklus penggunaan unsur KRI. Sementara bidang personel, logistik, potensi maritim, dan bidang pengawasan dan pemeriksaan, Koarmada II mampu melaksanakan pembinaan dan pemenuhan kebutuhan dukungan logistik dan pesonel.

 

Di bidang Potensi Maritim telah melaksanakan kegiatan komunikasi sosial dengan segenap komponen bangsa guna membangum karakter bangsa dengan menanamkan pemahaman tentang Komcad dan Komduk, menjaga kerukunan umat Beragama serta melaksanakan program ketahanan pangan.

Pada kesempatan ini Laksda Sudihartawan juga menyampaikan beberapa penghubung kepada perwira seperti pengamalan nilai Sapta Marga, pengawasan kedisiplinan, dedikasi serta loyalitas juga mengembangkan kemampuan diri dan menumbuhkan motivasi untuk mencapai profesionalitas prajurit dan peningkatan kemampuan melalui latihan.

 

(Pena2).