Kuwil Koarmada II Adakan Bimbingan Teknis Pengawak SAI

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 29 April 2021.

Keuangan Wilayah (Kuwil) Koarmada II mengadakan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan, yang diikuti oleh para penagwak Sistem Akuntansi Instansi (SAI) dari seluruh Satuan Kerja di Jajaran Mako Koarmada II bertempat di Ruang Rapat Kuwil Koarmada II, pada Kamis (29/4).

Bimbingan teknis atau Bimtek dipandu langsung oleh Kasubdis Akuntansi Pelapor Keuangan (APK) Kuwil Koarmada II, Letkol Laut (S) Nofal Tampilang, S.E., M.Sc, yang menurutnya bahwa Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat, SAPP memiliki 2 sub sistem yaitu Sistem Akuntansi Bendahara Umum Negara (SABUN) dan Sistem Akuntansi Instansi (SAI).

“ SAI memiliki 2 (dua) sub sistem yaitu Sistem Akuntansi Keuangan (SAK) dan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN). Dengan demikian mata pelajaran Sistem Akuntansi Keuangan (SAK) perlu disampaikan agar peserta didik memahami informasi yang disampaikan dalam Laporan Keuangan Pemerintah dapat memenuhi prinsip transparansi dan akuntabilitas, “ terang Nofal.

Nofal berharap setelah mengikuti materi pembelajaran Sistem Akuntansi Keuangan (SAK), seluruh peserta yang hadir dapat memahami ketentuan-ketentuan umum yang berkaitan dengan SAK, tugas dan wewenang pejabat pengelola keuangan Satker, Unit akuntansi instansi, dokumen sumber, laporan keuangan sampai dengan periode pelaporan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ka Akun Mako Koarmada II, Satkapal 1 dan 2, Denmako, dan Perwakilan dari tiap-tiap Akun jajaran Koarmada II.

(Pen2)