PRAJURIT LANTAMAL VII IKUTI TES “GARJAS UKP” DI MASA PANDEMI COVID-19

Lantamal VII – Sebagai salah satu syarat administrasi dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat (UKP) periode 1-10-2021, Prajurit Mako Lantamal VII melaksanakan tes Garjas UKP, bertempat di Lapangan Mako Lantamal VII, Jalan Supul Raya, Bolok, Kupang, NTT. Senin (26/04/2021).

Kegiatan tes kesegaran jasmani (Garjas) yang tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 tersebut merupakan syarat yang harus dipenuhi setiap prajurit dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat (UKP) satu tingkat lebih tinggi dari pangkat yang lama. Sebelum pelaksanaan seluruh prajurit yang akan mengikuti tes Garjas di periksa suhu tubuh dan denyut nadinya. Adapun materi Tes Kesegaran Jasmani Usul Kenaikan Pangkat (Garjas UKP) prajurit Mako Lantamal VII meliputi Garjas “A” Lari selama 12 menit, Garjas “B” berupa Pull Up, Sit Up, Push Up, dan Shuttle Run serta tes ketangkasan renang.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan ditengah masa pandemi Covid-19 ini, Kadisminpers Lantamal VII Letkol Laut (KH) Sugih Arto, S.Pd., mengatakan bahwa prajurit Lantamal VII tetap melakukan kegiatan satuan sesuai jadwal. “Kita melaksanakan tes kesegaran jasmani UKP ini selain sebagai tolak ukur kemampuan prajurit untuk usul kenaikan pangkat juga untuk mengetahui hasil dan sebagai bahan evaluasi bagi pimpinan sejauh mana pembinaan fisik yang selama ini dilakukan oleh prajurit disatuannya masing-masing”, terangnya.

Terpisah, Aspers Danlantamal VII Kolonel Marinir Drs. Maryono, M.M., menyampaikan bahwa “Pelaksanaan kesegaran jasmani ini, kita tetap mempedomani protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, seperti cek suhu tubuh, cek tensi tekanan darah, menggunakan masker dan pembatasan peserta dalam setiap gelombang agar tetap menjaga jarak”.

Kegiatan tes Garjas tersebut sesuai dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan “ Bangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

By. Dispen Lantamal VII