ASOPS DANLANTAMAL XIII DAN DANSATROL LANTAMAL XIII GELAR KOMUNIKASI BERSAMA PARA DANPOSAL SECARA VIRTUAL

TARAKAN – Asisten Operasi Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Asops Danlantamal XIII) Kolonel laut (P) Sri Rakhmadi, M.Tr.Hanla. dan Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Lantamal XIII Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr.Hanla. menggelar komunikasi bersama para Komandan Pos TNI AL (Posal) jajaran Lantamal XIII secara virtual dari Ruang Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Markas Komando (Mako) Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (19/04/21).

Mengawali kegiatan komunikasi secara virtual, Dansatrol Lantamal XIII selaku pejabat baru di lingkungan Lantamal XIII melaksanakan perkenalan kepada para Komandan Posal jajaran Lantamal XIII. Vicon tersebut selain sebagai ajang silaturahmi, juga sebagai sarana bertukar pendapat, ide dan gagasan demi kemajuan Posal-Posal yang berada dibawah jajaran Lantamal XIII. Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa, Posal dibawah Komando Lantamal XIII mempunyai tugas pokok kekamlaan, diantaranya mengumpulkan informasi yang selanjutnya disampaikan ke satuan atas untuk dikaji dan dievaluasi sebagai data masukan untuk pengambilan keputusan, baik dalam tingkat taktis operasi dan strategis, selain itu juga melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum internasional dan nasional serta melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut serta pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Beberapa penekanan Asops Danlantamal XIII yang disampaikan dalam kesempatan tersebut diantaranya, agar Posal senantiasa berperan aktif dalam menjaga keamanan daerah yang menjadi binaannya, selalu siap siaga SAR, bersinergi dengan aparat setempat dan berperan aktif dalam kegiatan Pembinaan Potensi Maritim.

Turut hadir di Ruang Puskodal Mako Lantamal XIII adalah Komandan Posal Juwata Laut Letda Laut (E) Agus Prasetyo, Amd. dan Komandan Posal Pantai Amal Letda Laut (E) Ipin Asmawanto.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.