PANEN AYAM JOPER KETIGA PROGRAM KETAHANAN PANGAN KBN LANAL MATARAM

Lanal Mataram – Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Mataram Kapten Laut (KH) Gurkan beserta anggota Potmar Lanal Mataram melaksanakan panen ayam Jawa Super (Joper) ketiga program ketahanan pangan Kampung Bahari Nusantara (KBN) bidang peternakan di eks Mako Lembar, Kec. Lembar, Kab. Lombok Barat, NTB. Kamis (15/04/2021).

Staf Potensi Maritim (Spotmar) Lanal Mataram yang telah melakukan pembibitan ketiga ayam jenis Jawa Super (Joper) sekitar 2 bulan yang lalu dengan perawatan yang intensif baik seperti pemberian pakan ayam secara teratur dan obat-obatan, akhirnya tiba waktunya untuk melaksanakan panen ayam tersebut. Dalam pembibitan awal ayam jawa super yang di kembang biakkan oleh Potmar Lanal Mataram sebanyak 500 ekor dimana selama proses pembesaran terjadi kematian yang diakibatkan oleh virus pullorum/berak kapur sebanyak 124 ekor dan yang masih tersisa sebanyak 376 ekor.

 

selanjutnya ayam yang dipanen tersebut akan didistribusikan untuk anggota Lanal Mataram dan sebagian lagi dibagikan untuk warga sekitar serta sisanya akan dijual untuk pembibitan ulang program ketahanan pangan Kampung Bahari Nusantara Lanal Mataram dibidang peternakan.

Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa program ketahanan pangan di bidang peternakan ayam Jawa Super tersebut merupakan wujud nyata Lanal Mataram dalam mendukung program pemerintah dan pimpinan tertinggi TNI AL tentang ketahanan pangan Kampung Bahari Nusantara di masa Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini.

 

Kegiatan tersebut sejalan dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “agar menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta setiap Satkowil dan Non Satkowil jajaran TNI AL di seluruh Indonesia melaksanakan program ketahanan pangan kampung bahari nusantara di masa pandemi Covid-19.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.