DANSATROL LANTAMAL XIII HADIRI ACARA BULAN MUTU KARANTINA 2021

TARAKAN – Komandan Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI AL XIII (Dansatrol Lantamal XIII) Tarakan Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr.Hanla. menghadiri acara Bulan Mutu Karantina 2021 Indonesia Satu Ekspor yang berlangsung di halaman Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Perikanan Tengkayu II, Jl. Gajah Mada, Kelurahan Karang Anyar Pantai, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (14/04/21).

Mengusung tema, “Ikan Sehat Bermutu Untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat”, kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Tarakan dr. Khairul M.Kes. adapun maksud diselenggarakannya kegiatan tersebut yaitu dalam rangka memotivasi dan memajukan semangat sektor kelautan dan perikanan di masa pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih berlangsung. Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan pula video conference secara Live via Zoom dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan di Jakarta Utara.

Dalam sambutan Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengedalian Mutu (Ka. BKIPM) Tarakan Bapak Umar, S.Pi, M.Si, M.M. disampaikan bahwa, “Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam menjalankan tugas dan fungsinya bertanggung jawab membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan, adapun kegiatan Bulan mutu Karantina Tahun 2021 ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan kedepan yaitu bulan April s.d bulan Juni tahun 2021 yang diselenggarakan di Kantor BKPIM seluruh Indonesia di 47 UPT serta dilaporkan bahwa kegiatan ekspor di Tarakan dari tahun ke tahun pada umumnya mengalami peningkatan.

Walikota Tarakan dalam sambutannya berharap, Dinas Perikanan bisa membimbing dan menjaga para pelaku usaha dibidang perikanan untuk tetap menjaga kualitasnya, sehingga hasil perikanan kelautan Tarakan kedepan bisa menjadi unggulan, disamping kuantitas yang tinggi, juga kualitas yang baik sehingga harganya juga menjadi lebih baik.

Turut hadir dalam kegiatan antara lain, Kepala BKIPM Tarakan, Kasatpolair Tarakan, Dankal Simaya beserta instansi maritim terkait dan Lurah Karang Anyar Pantai.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.