PRAJURIT POSAL ANGGANA TURUT DALAM PENCARIAN HARI KEDUA TERHADAP KORBAN YANG TENGGELAM DI SUNGAI MAHAKAM

TARAKAN – Pos TNI AL (Posal) Anggana merupakan Posal dibawah jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan dibawah Komando Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan yang berkedudukan di Jl. Mahakam, Sungai Meriam, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Pada hari Minggu (11/04/21), prajurit Posal Anggana turut dalam pencarian hari kedua terhadap korban yang tenggelam di Sungai Mahakam, tepatnya di bawah Jembatan Mahkota II, kawasan Kelurahan Simpang Pasir, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Korban tenggelam tersebut merupakan Anak Buah Kapal (ABK) Kapal jenis Self Propelled Oil Barge (SPOB) yang bermuatan minyak sawit dengan nama Mulya Mandiri 07. Kapal bermuatan minyak sawit tersebut diduga kuat tenggelam karena permukaan air sungai di sekitar lokasi hilangnya kapal terdapat ceceran minyak sawit. Dalam keterangan dari salah satu ABK yang selamat mengatakan bahwa, “saat persiapan tambat, kapal dalam keadaan miring akibat adanya kebocoran pada bagian lambung kapal sehingga saat kehantam ombak lambung, air masuk kedalam badan kapal hingga menyebabkan kapal tersebut tenggelam”. Bersama Tim SAR Gabungan, upaya pencarian dan penyelidikan terus dilakukan serta dilaksanakan pula penanganan limbah minyak sawit.

Langkah sigap untuk melakukan tindakan SAR ini merupakan bagian dari tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang menjadi bagian dari Tugas TNI AL, sehingga diharapkan keberadaan Posal dapat memberikan kontribusi positif dan memberikan manfaat bagi kepentingan masyarakat secara nyata.

Dispen lantamal XIII, Koarmada II.