3.572 PAKET SEMBAKO BANTUAN PRESIDEN RI TIBA DI LEMBATA DAN ADONARA FLOTIM MENGGUNAKAN KAPAL TNI AL KRI OWA-354 DAN KRI AMY-351

Lantamal VII – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Kupang Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., selaku Dansatgas Penanggulangan Bencana TNI Angkatan Laut yang on board di KRI Oswald Siahaan-354 melaksanakan monitoring Penurunan Bahan Kontak bantuan Presiden RI untuk korban bencana alam di NTT, bertempat di Pelabuhan Lewoleba, Kab. Lembata, NTT. Kamis (08/04/2021).

Sebagaimana kita ketahui curah hujan tinggi dan badai siklon tropis seroja yang terjadi pada tanggal 2 sampai 5 April 2021 lalu menyebabkan banjir bandang yang mengakibatkan kerusakan rumah-rumah dan fasilitas publik serta tertutupnya akses jalan ke wilayah tersebut.

Presiden Joko Widodo mengirimkan sejumlah bantuan sembako kepada masyarakat terdampak banjir bandang yang menerjang Adonara, Kab. Flores Timur dan Kab. Lembata NTT. Bantuan sembako diserahkan langsung oleh Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., bersama Tim Sekretariat Presiden di Geladak KRI Owa-354.

Sebanyak 1.772 paket sembako bantuan Presiden RI secara simbolis diserahkan kepada Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, S.T., M.T., Kemudian berikutnya Bahan Kontak sejumlah 1.800 paket sembako akan diturunkan di titik kedua Lokasi Bencana di Adonara, Kab. Flores Timur

Selain Paket Sembako dari Presiden RI, diserahkan juga paket bantuan dari Dharma Pertiwi, bantuan dari Organisasi Oase, dan bantuan dari Koarmada 2 yang terdiri atas Selimut, Kasur Lipat, dan Paket Siaga Bencana, dll.

Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP selaku Dansatgas Penanggulangan Bencana TNI AL di Provinsi NTT menyampaikan bahwa sebagai bagian dari Tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), TNI dalam hal ini TNI Angkatan Laut mengerahkan KRI Ahmad Yani-351 dan KRI Semarang-594 untuk mengangkut personel dan bantuan bahan kontak ke lokasi bencana di wilayah NTT.

“Kemudian besok Jumat (09/04), rencananya Bapak Presiden RI Joko Widodo akan melaksanakan kunjungan langsung di lokasi bencana banjir bandang di Adonara Timur, Kab. Flores Timur dan di Kab. Lembata,” ucap Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang, CHRMP.

Kegiatan sosial tersebut selaras dengan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk selalu menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar.”

 

/ Dispen Lantamal VII