KOLAT KOARMADA II  TUAN RUMAH  PEMANTAPAN ENC DAN ECDIS WILAYAH TIMUR

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 6 April 2021.

Komando Latihan (Kolat) Koarmada II mendapat kehormatan sebagai tuan rumah pelaksanaan Pemantapan Pengetahuan Hidros tentang Electronic Navigational Chart (ENC) dan Electronic Chart Display and Information System (ECDIS) bagi pengawak Navigasi KRI di Wilayah Timur. Kegiatan tersebut dibuka  oleh Inspektorat Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Irpushidrosal) Laksamana Pertama TNI Dr. Syahbudi, S.E., M.A.P, di Gedung Pulau Gundul Kolat Koarmada II,Selasa (06/04/2021).

Sekitar 150 personel menjadi peserta kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, yakni dari  tanggal 6 – 8 April 2021. Para peserta berasal dari prajurit Koarmada II, Koarmada III, dan Satlinlamil II. Secara teknis mereka akan terbagi menjadi peserta offline, dan sebagian besar sebagai peserta online. Adapun materi kegiatan yang diberikan antara lain Pengetahuan Dasar ENC,Pengetahuan Dasar ECDIS,Pengenalan IHO S-4 & S-52, Sistem Koordinat, Proyeksi dan Alongins (Peralatan Penolong Instruksi).

“ Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme personel dalam menggunakan ENC dan ECDIS, memahami dan mengerti karakteristik ENC dan ECDIS, mampu mengoperasikan ECDIS beserta ENC dengan baik dan benar, serta mampu mengatasi permasalahan dalam pengoperasian ECDIS maupun ENC serta dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AL, ” jelas Laksma Syahbudi dalam sambutannya.

 

Hadir dalam pemantapan ini  Asops Koarmada II, Wadan Kolat Koarmada II, dan Komandan KRI Kupang Perwakilan Satlinlamil II Surabaya.

 

(Pen2).