KMP Bontoharu Sempat Hilang Kontak, Pos TNI AL Siaga I Di Pelabuhan Pamatata Selayar

 

Selayar – Sulsel, Sempat hilang kontak selama beberapa saat, KMP Bontoharu yang berlayar di wilayah perairan wilayah Kabupaten Bulukumba menuju Kabupaten Selayar pada hari Jumat 02 April 2021 akhirnya ditemukan dan telah sandar di Pelabuhan Pamatata Selayar.

Informasi ketika terjadi hilangnya kontak tersebut, diterima oleh Komandan Pos Pengamat (Posmat) TNI AL (Posal) Selayar Letda Laut (E) Siswandoyo langsung dari Komandan Pos Pelabuhan Bira Bulukumba, Andi Abidin.

“Saat pihak pos pelabuhan Bira Bukumba menginformasikan telah terjadi kehilangan kontak dengan KMP Bontoharu yang sedang melaksanakan pelayaran dari Pelabuhan Bira Bukumba menuju Pelabuhan Pamatata Selayar, Kami langsung melaksanakan siaga I pada hari Jumat 02 April 2021 di Pelabuhan Pamatata untuk segera membantu pencarian “, ujar Komandan Pos TNI AL Selayar ini, Sabtu (03/04/2021).

“Hilang kontak tersebut dikarenakan cuaca buruk yang terjadi di perairan Kepulauan Selayar pada hari Jumat 02 April 2021, sehingga pihak pelabuhan kehilangan kontak dengan KMP Bontoharu “, tambahnya.

“Akhirnya setelah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yaitu Basarnas, ASDP, Kodim 1415, Polres, Tagana dan Dishub Kabupaten Selayar, KMP Bontoharu ditemukan di sekitar 30 mil wilayah timur dari pelabuhan Pamatata dan pada pukul 00.30 Wita hari Sabtu 03 April 2021, KMP Bontoharu serta seluruh penumpang yang berjumlah 298 orang ini sandar dengan selamat di pelabuhan Pamatata Selayar”, ungkap Letda Laut Siswandoyo.