BABINPOTMAR SELAT ALOR DAMPINGI PENYELAMAN REEF HEALTH MONITORING EXPEDITION SUAKA ALAM PERAIRAN (SAP) SELAT PANTAR

Lanal Maumere – Babinpotmar Posal Alor mengikuti Monitoring Pengamatan Kesehatan Terumbu Karang (Reef Health Monitoring Alor Expedition) dalam rangka mengevaluasi Dampak Pengelolaan Terumbu Karang di Perairan Suka Alam Perairan (SAP) Selat Pantar dan Laut Sekitarnya, Pulau Alor, Kab. Alor, NTT. Jumat (02/04/2021).

 

Guna mengetahui kondisi terumbu karang terkini untuk bahan dan data evaluasi dampak pengelolaannya sebagai destinasi wisata perairan unggulan Kabupaten Alor dilaksanakan penyelaman oleh Tim Gabungan di sekitar perairan Suaka Alam Perairan (SAP) Selar Pantar.

Adapun tujuan dari penyelaman dan survey tersebut adalah untuk menganalisis kesesuaian Suaka Alam Perairan Selat Pantar dalam pengembangan ekowisata bahari dan untuk menentukan strategi kebijakan dalam pengembangan ekowisata bahari kategori snorkeling, selam dan pantai di kawasan Suaka Alam Perairan Selat Pantar.

Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga P, M.M., M.Tr. Hanla., CTMP., dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa kegiatan pengamatan kesehatan terumbu Karang untuk evaluasi dampak pengelolaannya tersebut sebagai salah satu bahan atau data bagi pengembangan daerah ekowisàta bahari di Suaka Alam Perairan Selat Pantar dan laut sekitarnya.

Kegiatan survey tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

Turut dalam kegiatan monitoring tersebut yakni personel Kantor Cabang DKP Provinsi NTT wilayah Alor, Babinpotmar Posal Alor, personel Sat Pol Air Polres Alor, personel DKP Kab Alor, personel Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, personel Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPS) Denpasar Wilker NTT dan personel WWF Indonesia .

 

By. Dispen Lantamal VII