POSAL WAINGAPU BERSAMA TIM SAR GABUNGAN BERHASIL TEMUKAN KORBAN LAKA LAUT

Lanal Pulau Rote – Personel Posal Waingapu bersama Tim SAR Gabungan Sumba Timur berhasil menemukan korban Laka laut akibat terseret arus di sekitar Pantai Desa Laipori, Kec. Pendawai, Kab. Sumba Timur, NTT. Kamis (01/04/2021).

 

Rabu, (31/03) telah terjadi Laka Laut yang menimpa 2 orang warga Preliu, Kec. Kambera saat menjaring ikan di sekitar pantai Laipori Kec. Pendawai. Diduga ke dua warga tersebut terseret arus. Berdasarkan informasi yang diterima dari Ka Pos SAR Waingapu serta arahan dan petunjuk dari Danlanal Pulau Rote, Komandan Posal Waingapu Letda Laut (P) Siswanto segera menuju ke lokasi kejadian Laka Laut. Dari hasil keterangan yang didapat dari warga setempat, bahwa sekitar pukul 04.00 WITA, 2 orang masyarakat atas nama Nelis dan Ferdinan Koro pergi kelaut menjaring ikan, dikarenakan kondisi cuaca yang kurang bagus, menyebabkan terjadinya Laka Laut tersebut.

Setelah berkoordinasi dengan Tim SAR gabungan yang terdiri dari Pos SAR Waingapu, Tagana Sumba Timur, BPBD Sumba Timur, Babinsa Posramil Kawangu dan dibantu masyarakat serta keluarga korban, dilaksanakan pencarian dan evakuasi korban.

Hari pertama pencarian ditemukan Korban selamat atas nama Nelis (Laki-laki), usia 50 tahun berhasil di evakuasi dan dibawa ke RSU Lindimara untuk penanganan lebih lanjut. Sedangkan satu korban lagi berhasil ditemukan pada saat pencarian hari kedua Kamis (01/04) sekitar pukul 17.45 WITA pada posisi 09° 37′ 58” LS – 120° 28′ 57” BT. Korban atas nama Ferdinan Koro (laki-laki), usia 50 tahun dalam kondisi meninggal dunia. Selanjutnya jenazah korban dievakuasi ke RSU Lindimara.

Kegiatan pencarian dan evakuasi korban Laka Laut terlaksana dengan aman dan lancar serta tetap memperhatikan prosedur protokol kesehatan covid-19.

Kegiatan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

 

By. Dispen Lantamal VII