KOMANDAN LANAL PULAU ROTE HADIRI SOSIALISASI UNCLOS 1982 SECARA VIRTUAL

Lanal Pulau Rote – Komandan Lanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Anis Latif, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., menghadiri acara kegiatan Sosialisasi Unclos 1982 jajaran Koarmada II oleh Kadiskum TNI AL secara virtual di Ruang Rapat Mako Lanal Pulau Rote, Desa Deranitan, Kec. Rote Barat Daya, Kab. Rote Ndao, NTT. Kamis (01/04/2021).

Adapun susunan acara sosialisasi Unclos 1982 tersebut diawali dengan Pembukaan dan sambutan dari Pangkoarmada II yang dilanjutkan dengan Penyampaian materi Sosialisasi Unclos 1982 oleh Kadiskum TNI AL dan diskusi serta tanya jawab. Dalam Kegiatan sosialisasi vicon tersebut dibahas tentang yuridiksi, zona maritime dan hak lintas di wilayah Koarmada II. Dalam hal ini Lantamal VII yang berbatasan langsung dengan wilayah perbatasan memiliki peran penting dalam penegakan hukum sesuai dengan UNCLOS 1982.

Selain itu dalam sosialisasi ditekankan pentingnya para peserta sosialisasi untuk memahami batas-batas wilayah, dimana TNI AL menjadi aspek utama dalam menjaga kedaulatan NKRI. Serta setiap satuan di wilayah perbatasan untuk mementingkan aspek hukum dalam setiap mengatasi setiap pelanggaran di wilayah yuridiksi. 

Kegiatan sosialisasi tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan ”Bangun Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

Dalam kegiatan Vicon diikuti oleh Komandan Lanal Pulau Rote, Pjs. Palaksa, Pasops, Pasintel dan Para Perwira Pelaut Lanal Pulau Rote.

 

By. Dispen Lantamal VII