PERSONEL POSAL ALOR DAMPINGI KEBERANGKATAN TIM PENGAMATAN KESEHATAN TERUMBU KARANG DI SAP SELAT PANTAR ALOR

Lanal Maumere – Prajurit Posal Alor mendampingi keberangkatan Tim Pengamatan Kesehatan Terumbu Karang untuk evaluasi dampak pengelolaan di Suaka Alam Perairan (SAP) Selat Pantar dan laut sekitarnya, bertempat di Pelabuhan Dulionong, Kalabahi, Kab. Alor, NTT. Rabu (31/03/2021).

Dalam rangka melaksanakan Pengamatan Kesehatan Terumbu Karang untuk evaluasi dampak pengelolaan di Suaka Alam Perairan (SAP) Selat Pantar dan laut sekitarnya, 13 orang Tim survey terpadu Kabupaten Alor dengan menggunakan KM Luci berangkat menuju perairan Selat Pantar. Direncanakan kegiatan survey akan dilaksanakan selama 12 Hari dari tanggal 31 Maret 2021 s.d. 11 April 2021. Dan juga dilaksanakan penyelaman dan pendataan kesehatan terumbu karang di Kabupaten Alor sebanyak 34 Titik Penyelaman.

Adapun Tim terdiri dari : 1 personel Kantor Cabang DKP provinsi Ntt wilayah Alor sebagai Tenaga Manajement Data dan Operasional Kegiatan, 1 personel Posal Alor sebagai dukungan operasional, 1 personel Sat Pol Air Polres Alor sebagai pendukung operasional, 1 personel DKP Kab Alor  sebagai Tenaga Ahli Penyelaman dan Operasional, 1 personel Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN ) Kupang Sebagai Tenaga Monitoring Ekosistem Terumbu Karang ,Tenaga Ahli Pendata Bentik, 1 personel Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPS) Denpasar Wilker NTT Sebagai Tenaga Ahli Pendata Bentik   dan 6 personel WWF Indonesia Sebagai Tenaga Ahli Pendata ikan dan Tenaga Pengolahan Analisa Data.

Kegiatan survey tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.