WADAN LANTAMAL VII HADIRI SERAH TERIMA BARANG PENGAWASAN YANG BUKAN BARANG BUKTI TINDAK PIDANA PERIKANAN.

Lantamal VII – Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadan Lantamal) VII Kolonel Marinir Djentaju Suprihandoko, S.H., menghadiri kegiatan serah terima barang pengawasan yang bukan barang bukti tindak pidana perikanan, bertempat di ruang rapat Kantor Stasiun PSDKP Kupang, Jl. Yos Sudarso, Alak, Kota Kupang, Prov. NTT. Senin (29/03/2021).

Barang bukti yang diserahkan kepada perwakilan nelayan sebanyak 13 rumpon yang diantaranya, 7 Buah Rumpon diserahkan kepada Nelayan Desa Tablolong untuk Budidaya Rumput Laut, 3 Rumpon diserahkan kepada KCD Wilker Kota Kupang, Rote Ndao, dan Sabu untuk Bagan Apung dan 3 Rumpon diserahkan kepada SUPM Kupang untuk Praktek Siswa/i di Laut.

Dalam Sambutannya Kepala Stasiun PSDKP Kupang Bpk. Mubarak menyampaikan Hasil tangkapan KP ORCA 4 tanggal 26 Desember 2019 saat kegiatan patroli operasi Ausindo bersama dengan ABF Australia Border Force, di WPP NRI 573 laut Timor bagian barat, terdapat 5 smpai 8 rumpon tanpa nama atau ilegal atau tidak memiliki surat ijin dan kita tidak ketahui pemilik siapa dan kita langsung membawah kedarat dan lalu kita bawah stasiun PSDKP Kupang. Dari hasil tangkapan berdasarkan surat edaran barang tersebut lalu kita hancurkan itu merupakan pencemaran udara dan merugikan, sehingga alangkah bagusnya kita maafkan untuk nelayan nelayan yang membutuhkan untuk menghasilkan Budi daya rumput laut dan sumber Nelayan untuk melengkapi sarana prasaran dilaut.

 

Di suatu kesempatan penyampaian penerimaan barang hasil pengawasan yang bukan merupakan barang bukti tindak pidana perikanan Bpk. Seketarias Doro kepala desa Tablolong mengatakan “kami berterimah kasih banyak sebelumnya atas bantuannya, kami berharap dengan bantuan ini kami manfaatkan dengan sebaik baiknya kami gunakan dengan semaksimal mungkin”.

Kegiatan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan dan jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut : Kepala stadiun PSDKP Kupang, Kepala dinas Kelautan dan perikanan Prov. NTT di Wakili, Kepala Cabang dinas  kelautan dan perikanan Prov. NTT Wilayah Kota Kupang, Wadan Lantamal VII Kolonel Marinir Djentaju Suprihandoko, S.h., Paban Spotmar Lantamal VII Letkol Marinir Bire, Wadir Polairud Kompol Dodyt. R.P., Kejaksaan tinggi NTT, Kepala Stasiun Karantina Ikan pengendali mutu hasil perikanan (SKIPM) Kupang, Kepala Balai kesehatan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, Kepala Balai pengelolaan sumber daya pesisir dan laut BPSPL, Direktur Poltek KP Kupang, Kepala sekolah usaha perikanan menengah (SUPM) Kupang, Kepala Desa Tablolong Bpk. Seketarias Doro beserta para perwakilan nelayan yang akan di serahkan barang bukti Tindak pidanan perikanan serta hadir para tamu undangan -+ 20 Orang.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.