TARUNA DAN TARUNI AAL TINGKAT I ANGKATAN KE-69 TAHUN 2021 IKUTI GIAT WISATA JUANG DI KOTA TARAKAN

TARAKAN – Setelah dua hari berada di Kota Tarakan, para Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat I Angkatan Ke-69 Tahun 2021 yang tergabung dalam Latihan Praktek (Lattek) Pelayaran Prajalasesya mengikuti kegiatan Wisata Juang ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Tarakan, yang berlangsung pada Rabu (24/03/21).

Adapun beberapa tempat yang dijadikan tujuan giat Wisata Juang diantaranya, Museum Migas atau Museum Sejarah Perminyakan yang merupakan peninggalan sejarah Perang Dunia II, beralamat di Jln. Sei Sayap, Kelurahan Kampung Empat, Kecamatan Tarakan Timur. Museum Sejarah Perang Dunia II, yaitu museum yang menceritakan penyebab terjadinya perebutan tambang minyak di Pulau Tarakan, tempat ini berlokasi di Kawasan Taman Berkampung, Islamic Centre, Kampung Empat, Kecamatan Tarakan Timur. Selanjutnya, para Taruna menuju ke Rumah Adat Tidung yang merupakan rumah adat dari suku Tidung, salah satu suku tertua di Tarakan, yang beralamat di Telaga Keramat Tarakan, Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan.

Selain itu, tujuan Wisata Juang yang selanjutnya adalah ke Wash Tank salah satu ikon Kota Tarakan yang merupakan peninggalan sejarah Perang Dunia II di Jln. Kusuma Bangsa, Kelurahan Pamusian, Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan. Disinilah bukti bahwa di Tarakan pernah terjadi perebutan minyak antara tentara Belanda dengan Jepang.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para Taruna dan Taruni sekaligus mengetahui karakteristik daerah serta kearifan lokal di wilayah yang dikunjungi. Dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, seluruh rangkaian kegiatan Wisarta Juang berjalan tertib, lancar dan aman.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.