TETAP TERAPKAN DISPLIN PROTOKOL KESEHATAN SAAT OPEN SHIP, DISKES LANTAMAL XIII DUKUNG GIAT RAPID TEST BAGI PENGUNJUNG KRI DEWA RUCI

TARAKAN – Sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka membatu percepatan penanganan Covid-19, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal XIII) Tarakan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan kepada para pengunjung saat Open Ship di KRI Dewa Ruci dengan menerjunkan Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal XIII untuk melaksanakan dukungan kegiatan rapid test terhadap seluruh pengunjung yang akan memasuki KRI Dewaruci, bertempat di Dermaga Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (24/03/21).

“Sebagai tindak lanjut dari perintah pimpinan dalam hal ini Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si., disini Tim Kesehatan dari Diskes Lantamal XIII mendukung kegiatan rapid test kepada para pengunjung KRI Dewa Ruci dalam rangka memastikan bahwa masyarakat yang akan memasuki KRI Dewa Ruci benar-benar bebas dari Covid-19, sehingga jika benar sudah dinyatakan non reaktif dengan hasil rapid test tersebut, tentunya semua pengunjung dan pengawak KRI tidak ada rasa khawatir lagi dengan Covid-19”, terang Kadiskes Lantamal XIII Letkol Laut (K) Moh Muktadir, SKM., M.H.

Langkah antisipasi ini sesuai dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang menyampaikan bahwa, jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan baru atau New Normal di lingkungan TNI AL. Dalam kegiatan tersebut, selain pelaksanaan rapid test, pihak KRI juga ketat dalam memberikan aturan kepada para pengunjung untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan sebelum memasuki KRI, mengenakan masker dan membatasi jumlah pengunjung dengan cara mengantri atau bergantian sebagai upaya menghindari terjadinya kerumunan. Selama kegiatan berlangsung, berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

Dispen lantamal XIII, Koarmada II.