JAGA PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA, DANPOSAL WAINGAPU HADIRI PEMBINAAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

Lanal Pulau Rote – Komandan Pos TNI AL (Danposal) Waingpu Letda Laut (T) Siswanto menghadiri Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang diselenggarakan Kodim 1601/Sumba Timur TA. 2021, bertempat di Aula Makodim 1601/ST, Jln. Ir. Soekarno No.11, Kelurahan Hambala, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Selasa (23/03/2021).

Kegiatan kerukunan antara Umat beragama yang  di selenggarakan oleh Kodim 1601/Sumba Timur dengan Tema “Mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama demi mencegah konflik sosial antar umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa” yang dihadiri sekitar 100 orang. Rangkaian kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan Dandim 1601/ST Letkol CZU Dr. Dwi Joko Siswanto, S.E., M.I.Pol., dan sambutan pemuka atau tokoh masing-masing agama.

Dandim 1601/ST Letkol CZU Dr. Dwi Joko Siswanto, S.E., M.I.Pol., dalam sambutannya menyampaikan “bahwa Kerukunan umat beragama dapat terbina jika ada toleransi antar umat beragama yaitu saling menghargai dan tanpa adanya diskriminasi dalam hal apapun khususnya dalam masalah agama. Demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang hidup damai, tolong menolong dan toleran.”

 

Selama acara pembinaan kerukunan antar umat beragama berlangsung aman, tertib dan lancar sesuai protokol kesehatan Covid – 19. Kegiatan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan”.

 

Acara dihadiri oleh Dandim 1601/ST, Para perwira kodim 1601/ST, Kaban Kesbangpol Kab Sumba Timur, Dansub Denpom Sumba Timur, Danposal Waingapu, Bintara, Tamtama serta PNS Kodim 1601/ST, Tokoh Agama Islam di wakili Ketua Mui ST Ustad Ato, Tokoh Agama Katolik di wakili Pater Lino, Tokoh Agama Kristen Protestan di wakili Pendeta Yulius Djara,Tokoh Agama Hindu di wakili oleh Mangku Nyoman Suarjana dan perwakilan masing-masing umat.

 

By. Dispen Lantamal VII