DANLANTAMAL VII MENGHADIRI PEMBUKAAN KEGIATAN FGD PEMPROV NTT BERSAMA KETUA DPD RI

Lantamal VII – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama (Laksma) TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP. Menghadiri Pembukaan Kegiatan Focuss Group Discussion (FGD) Pemprov NTT bersama Ketua DPD RI Bpk. La Nyalla Mattalitti bertempat di Aula Fernandez Lantai 4 Kantor Gubernur NTT Jl. El Tari I, Kota Kupang, Prov. NTT. Rabu (24/03/2021).

Kegiatan Pembukaan Focuss Group Discussion (FGD) Pemprov NTT yang bertema “Strategi Peningkatan Indeks Kemandirian Fiskal Provinsi NTT”, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan do’a.

Diharapkan dengan adanya kegiatan FGD Provinsi NTT dapat mencapai Indeks Kemandirian Fiskal Daerah yang merupakan indikator utama dalam mengukur kemampuan Pemerintah Daerah untuk membiayai sendiri kegiatannya melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun kemampuan untuk Ekspor hasil kekayaan daerahnya maupun hal-hal lain tanpa tergantung bantuan dari luar termasuk dari Pemerintah Pusat.

Dalam Sambutannya Wakil Gubernur Drs. Josef Nai Soi menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua DPD RI beserta Jajaran, Tema dalam Focus Grup Discussion pada hari ini yaitu Strategi Peningkatan Indeks Kemandirian Fiskal Provinsi NTT sangat relevan dengan situasi yang ada di NTT pada saat ini, perlu kami Informasikan kepada Ketua DPD RI bahwa Indeks Fiskal di wilayah Prov. NTT masih sangat kecil artinya Fiskal untuk kemandirian dibuktikan dengan PAD (Pendapatan Asli Daerah) kami yang juga masih kecil. Dengan adanya UU No. 32 tahun 2014 disitu dengan jelas mengatakan ada pembagian kewenangan yang pendekatannya pada Money Follow Function, berarti dengan demikian maka kewenangan yang diberikan oleh daerah diimbangi dengan keuangan tetapi daerah tersebut harus mulai untuk bisa memandirikan dirinya sendiri. Didalam prinsip-prinsip otonomi disitu ada kata demokratis, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan, potensi dan keanekaragaman, perlu kami Informasikan di Prov. NTT banyak sekali memiliki kekayaan Flora dan Fauna, kekayaan alam laut kami sangat luar biasa oleh sebab itu dalam forum diskusi ini semoga dapat diusulkan undang-undang tentang Provinsi Kepulauan. “Tegas Wakil Gubernur”.

Disuatu kesempatan Sambutan sekaligus Pembukaan kegiatan FGD oleh Ketua DPD RI Bpk. La Nyalla Mattalitti mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTT beserta jajaran sehingga dapat terlaksananya kegiatan FGD ini. Hari ini kita akan fokus membicarakan bagaimana strategi meningkatkan Indeks Kemandirian Fiskal Provinsi NTT sekaligus kita akan menyaksikan penandatanganan MOU antara Kabag Dagang dan Industri Jawa Timur dengan Kabag Dagang dan Industri NTT. Semoga MOU tersebut menjadi bagian dari upaya kita untuk meningkatkan Indeks Kemandirian Fiskal Daerah karena MOU tersebut berkaitan erat dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui kerja sama dan pelatihan tenaga profesional bersertifikat kompetensi termasuk pendidikan advokasi terhadap pelajar mahasiswa dan dosen sesuai dengan Permendikbud No. 3 tahun 2020 tentang standar Perguruan Tinggi.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan kerja sama Kepala Kamar Dagang dan Industri Prov. NTT dengan Kepala Kamar Dagang Prov. Jatim disaksikan oleh Ketua DPD RI dan Wakil Gubernur NTT, dilanjutkan dengan Penyerahan cinderamata oleh Wakil Gubernur NTT kepada Ketua DPD RI dan sebaliknya.

 

Kegiatan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI Angkatan Laut dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

Turut hadir dalam kegiatan Wakil Gubernur NTT (Drs. Josef Nai Soi), Sekda NTT (Ir. Benediktus Pollo Maing), Anggota DPD RI diantaranya Fahrul Razi, Angelius Wake Kako, Bustami Zainudin, Asyera Wundalero, Danlantamal VII Kupang (Laksma TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP), Kabinda NTT (Brigjen TNI Adrianus SAN), Kepala Bank BI Perwakilan NTT (I Wayan Arimawa), Kepala Otoritas Jasa Keuangan NTT, Irwasda Polda NTT, Kadislog Lanud El Tari, Dandim 1604/Kupang, KSOP beserta undangan dari Instansi lainnya.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.