ASLOG DANLANTAMAL VII MENGIKUTI RAKORSLOG TNI AL TAHUN 2021

Lantamal VII – Asisten Logistik (Aslog) Danlantamal VII Kolonel Laut (T) Hendi Kitris Merisa, S.T., mengikuti Rapat Koordinasi Logistik (Rakorslog) TNI AL tahun 2021 via Video Converence (Vicon) yang bertempat di Ruang rapat Sops Lantamal VII, Jl. Supul Raya, El Nusa, Kota Kupang, Prov. NTT. Rabu (24/03/2021).

Rakorslog TNI AL tahun 2021 di buka langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dengan mengusung tema “melalui rapat koordinasi bidang logistik kita tingkatkan profesionalisme bidang logistik yang modern dan tangguh serta siap mendukung tugas TNI Angkatan Laut dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional demi menjaga kesatuan, persatuan, dan keutuhan NKRI.”

Kegiatan Rakorslog TNI AL ini merupakan rapat koordinasi kewasgiatan logistik dalam menunjang keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut, yang diantaranya membahas tentang penyampaian pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI Angkatan Laut di tahun 2021 dan penjabaran hasil pembahasan Rapim TNI Angkatan Laut tahun 2021 dalam kegiatan manajemen logistik, serta membahas rencana program dan anggaran tahun 2021-2022.

Dalam Sambutannya Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menyampaikan “Sebagaimana kita ketahui bersama, kondisi saat ini, kita masih berada dalam situasi Covid-19 sehingga besaran refocusing anggaran TNI Angkatan Laut mencapai Rp. 22,9 T yang akan berdampak pada program modernisasi, dan pengadaan alutsista. dengan demikian alokasi anggaran yang ada harus dapat diwujudkan dalam bentuk program dan kegiatan berdasarkan prinsip skala prioritas dalam rangka meningkatkan kesiapan operasional TNI Angkatan Laut. berlatar belakang pada kondisi tersebut maka dalam menentukan prioritas kegiatan perencanaan logistik wajib berdasarkan data dukung yang baik, dilaksanakan secara akurat, dan akuntabel serta dapat dipertanggung- jawabkan. Penyiapan alutsista dalam mendukung operasi TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan sejak dini meliputi aspek personel dengan pemenenuhan dsp, dan aspek logistik yang terdiri dari penyiapan platform, penyiapan sewaco, penyiapan alkomlek, penyiapan amonisi dan penyiapan suku cadang. dari tingkat kesiapan aspek-aspek tersebut, maka dapat menjadi pedoman dalam menyatakan alutsista siap tempur, alutsista siap operasi, ataupun alutsista tidak siap. Hal ini menjadi krusial, karena hanya dengan perencanaan dan dukungan logistik yang baik, maka operasional tni angkatan laut akan dapat berjalan lancar dan optimal.”

“Beberapa penekanan untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas di bidang logistik tahun 2021-2022, adalah sebagai berikut: Laksanakan manajemen logistik  secara sistematis, konsisten, efektif dan efisien mulai dari perencanaan, pengendalian hingga evaluasi kegiatan berdasarkan database yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan; Fokuskan prioritas dalam rangka menyiapkan alutsista dalam rangka mendukung operasi tni angkatan laut, secara profesional guna mendukung operasional dan program TNI Angkatan Laut. Melalui kegiatan penyiapan dan   distribusi dukungan bekal pemeliharaan, bekal operasi dan  bekal personel; Laksanakan sistem pemeliharaan terencana tni angkatan laut kepada alutsista yang diproyeksikan untuk gelar operasi dan latihan tahun 2021-2022 berdasarkan renstra dan renja TNI Angkatan Laut; Lanjutkan pemenuhan fasilitas pangkalan secara bertahap dan terencana untuk mendukung satuan operasi berdasarkan standardisasi pangkalan; Laksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa serta pembangunan sarana prasarana sesuai peraturan yang berlaku, dengan didasari oleh perencanaan yang paripurna; dan pelihara dan tingkatkan kemampuan personel logistik TNI Angkatan Laut melalui program sekolah, kursus, latihan rutin serta aktualisasi doktrin dan buku petunjuk logistik tni angkatan laut”. Tegas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.,

 

Turut mendampingi Aslog Danlantamal VII, Para Kadis Kewasgiatan Slog, Kadisbek Lantamal VII, Kadisfaslan Lantamal VII, Kadisharkan Lantamal VII dan Kadisang Lantamal VII.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.