Lanal Pulau Rote- Komandan Pangakalan TNI AL (Danlanal) Pulau Rote Letkol Laut (P) Anis Latif, S.E., M.Tr. Hanla., M.M. hadiri sosialisasi dan Audiensi Program Kerjasama Arafura and Timor Seas Ecosystem Action (Atsea)-2 dari The United Nations Development Programme (UNDP) atau Badan Program Pembangunan PBB dengan pemerintah Kabupaten Rote Ndao secara daring, bertempat di Aula Kantor Bupati Rote Ndao, Kec. Lobalain, Kab. Rote Ndao, NTT. Selasa, (23/03/2021).

 

ATSEA-2 adalah fase kedua dari Program Arafura & Timor Seas Ecosystem Action (ATSEA), sebuah kemitraan regional yang melibatkan Pemerintah Indonesia, Timor Leste dan Papua Nugini dengan dukungan dari Pemerintah Australia. Kelompok ini bekerja untuk merancang dan mengimplementasikan solusi bagi isu-isu kelautan lintas batas yang terpenting yang dihadapi oleh regional tersebut. Pelaksanaan sosialisasi ATSEA-2 dengan Koordinator Atsea-2 Dwi Ariyoga Gautama, Kepala Pusat Riset Perikanan Badan Riset SDM Kementerian Kelautan Perikanan Yayan Hikmayani, S.Pi, M.Pi dan BKKPN Kupang.

 

Dalam kesempatan tersebut Komandan Lanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Anis Latif S.E., M.Tr. Hanla., M.M. berkesempatan menyampaikan saran dan masukan antara lain :  Potensi budidaya kelautan di Rote Ndao sangat  besar, namun masih ada beberapa kendala diantaranya pengelolaan yang belum sistematis dan terencana dengan baik; Program Sustainable belum berjalan; Pemulihan tumpahan minyak yang diakibatkan ledakan kilang minyak Montana membutuhkan waktu yang lama; Apakah badan riset ATSEA 2 memiliki Blueprint pembangunan kelautan yang dapat dijadikan acuan; Perlu keseragaman antara kawasan wisata, kawasan budidaya rumput laut dan kawasan penangkapan ikan agar tidak mengganggu satu sama lain.

 

Hadir dalam acara tersebut Paulina Haning Bullu, S.E (Bupati Rote Ndao); Drs. Stefanus M.Saek, MSi (Wakil Bupati Rote Ndao); Alfret Saudila, A.Md (Ketua DPRD Rote Ndao); Letkol Laut (P) Anis Latif, S.E.,  M.Tr. Hanla., M.M. (Danlanal Pulau Rote); Letkol Inf Educ Permadi Eko PB (Dandim 1627/RN); Aditya, SH (Hakim PN Rote Ndao); Iptu Yeni Setiono (Kapolsek Lobalain); M. Mahendra Sebayang, SH (Kasi Datun Kejari Rote Ndao); Asisten 1 dan Asisten 3 Setda kab. Rote Ndaio serta Kadis Perkim dan LH.

 

Kegiatan Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Anis Latif, S.E.,  M.Tr. Hanla., M.M. tersebut sejalan dengan perintah harian dan penekanan Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan “jaga kepercayaan rakyat dan negara kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. Keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar.”

 

Sosialisasi ATSEA 2 UNDP bersama Pemerintah Kab. Rote Ndao yang dilaksanakan dengan sistem daring berjalan dengan tertib, aman dan lancar dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

 

/ Dispen Lantamal VII