LANTAMAL XIII SAMBUT KEDATANGAN KRI DEWARUCI DAN KRI SURABAYA–591

TARAKAN – Pangkalan Utama TNI AL XIII menyambut kedatangan KRI Dewa Ruci dan KRI Surabaya-591 yang mendukung kegiatan Latihan Praktek (Lattek) Pelayaran Prajalasesya Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat I Angkatan Ke-69 Tahun 2021 yang berlangsung di Dermaga Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (23/03/21).

Penyambutan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si. didampingi oleh Ketua Koordinator Cabang XIII Daerah Jalasenastri Armada II (Korcab XIII DJA II) Ny. Puti Haris Bima. Dengan rute pelayaran Surabaya, Tarakan dan kembali lagi ke Surabaya, menurut informasi, KRI Dewa Ruci dan KRI Surabaya-591 ini bertolak dari Surabaya pada hari Kamis (18/03/21) dan direncanakan akan menempuh waktu pelayaran selama 14 hari hingga kembali lagi ke basisnya di Surabaya. Kegiatan Lattek ini merupakan latihan pengenalan pelayaran bagi Taruna dan Taruni AAL Tingkat I Angkatan Ke-69 Tahun 2021, adapun tujuan dari Lattek Prajalasesya ini yaitu untuk memperkenalkan secara langsung dasar kematraan, tradisi khas TNI AL dan Kehidupan Dinas Dalam di KRI pada saat berlayar serta menumbuhkan jiwa bahari dan kejuangan prajurit matra laut, selain itu juga mengenalkan lebih dekat kepada Taruna tentang data-data teknis dan jenis Peran di KRI, alat-alat kebaharian dan organisasi di KRI serta navigasi, persenjataan, permesinan dan sistem keselamatan di kapal.

Turut hadir dalam penyambutan tersebut antara lain, para Pejabat Utama Lantamal XIII, para Kasatker Lantamal XIII, para Pengurus Inti Korcab XIII DJA II dan Tim Merplugh Lantamal XIII.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.