DANLANTAMAL VIII HADIRI LAUNCHING TILANG ELEKTRONIK DI MAPOLDA SULUT

Manado 23 Maret 2021,…. Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., menghadiri Launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional yang dilaunching Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigid Prabowo di Korlantas Polri. Selasa (23/3)

Launching tilang elektronik tahap pertama ini diikuti oleh 12 Polda di Indonesia yaitu Polda Metro Jaya, Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Sumbar, Lampung, Jambi, Riau, Sulsel dan salah satunya Polda Sulawesi Utara, yang diikuti secara virtual dari Aula Catur Prasetya Polda Sulut Jl. Bathesda No. 62, Sario, Kota Manado. 

Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan ETLE ini merupakan salah satu penjabaran Program Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) yang digulirkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Kapolda berharap keberadaan ETLE ini akan merubah sikap perilaku dalam berkendara di jalan yang berkeselamatan. Juga secara tidak langsung akan merubah budaya berkendara yang lebih disiplin serta menunjang adanya pembangunan kota dengan konsep “smart city”.

 

Program ETLE ini juga sangat efektif di masa pandemi covid-19, karena mengurangi tatap muka dalam rangka menghindari covid-19.

Saat ini, ETLE di Sulut masih terfokus di Kota Manado, namun demikian kedepan ia berharap ini dapat diperluas ke kabupaten/kota yang lain di jajaran Polda Sulawesi Utara. “Konsep smart city yang ditunjang dengan teknologi informasi merupakan sebuah kebutuhan yang harus disiapkan di era 4.0 saat ini,” ujar Kapolda. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berperan membantu terwujudnya ETLE ini. 

 

Pada launching yang diikuti oleh 12 Polda ini telah terpasang kamera ETLE sebanyak 224 titik lokasi, sedangkan di Sulut sendiri terdapat 11 titik yang terpasang di Kota Manado.

 

Hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur Sulut, Pangdam XIII/Merdeka, Kajati Sulut, Danrem 131/Santiago serta jajaran kepolisian Polda Sulut.