DANLANAL MATARAM HADIRI FORUM KOORDINASI POTENSI PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DAN BIMTEK PEMBINAAN DASAR PERTOLONGAN PERTAMA PROV. NTB

Lanal Mataram – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., menghadiri  kegiatan pembukaan kegiatan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Dasar Pertolongan Pertama Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Mataram bertempat di Hotel Aruna Senggigi Resort Desa Senggigi Kec. Batu layar Kab. Lobar, Prov. NTB. Senin, (22/03/2021).

Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) merupakan wadah bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan dalam melaksanakan komunikasi, koordinasi, dan konsultasi di bidang Pencarian dan Pertolongan. FKP3 dan Bimtek Pembinaan Dasar Pertolongan Pertama dilaksanakan dalam rangka mengkoordinasikan tingkat daerah NTB dari berbagai instansi baik pemerintah maupun non pemerintah dalam bidang Potensi Pencarian dan Pertolongan.

 

Deputi Bidang Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan Basarnas Abdul Haris Achadi, dalam pembukaan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) dan pembinaan dasar pertolongan pertama menyampaikan bahwa, “Kita harus kompak demi kemanusiaan bersama potensi SAR di Nusa Tenggara Barat kita perkuat kekompakan untuk mengantisipasi peningkatan potensi terjadinya bencana dan kecelakaan seiring dengan berkembangnya arus moda transportasi dan pariwisata di NTB”.

 

Untuk itu, Basarnas mengajak semua institusi untuk bersatu padu dalam memberikan respon waktu (respon time) pelayanan SAR kepada masyarakat, pertemuan Basarnas dengan seluruh potensi SAR di NTB kali ini bertujuan menyatukan visi dan misi dalam pelaksanaan operasi SAR, ujar Deputi Bidang Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan Basarnas.

“Melalui forum ini juga, kami harapkan adanya peningkatan kompetensi, pembuatan rencana kontijensi, diseminasi, dan ide-ide progresif di bidang SAR,” lanjutnya.

 

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB Ir. Zainal Abidin, M.Si., mewakili Gubernur NTB membuka secara resmi kegaiatan tersebut dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa NTB merupakan daerah rawan bencana alam maupun faktor manusia (kecelakaan) yang merupakan tugas kemanusiaan dari Basarnas bersama stakholder dengan memberikan pertolongan secara cepat tepat dan berhasil.

 

“Melihat potensi bencana di NTB, kita harus bersinergi. pemerintah dan para pihak lainnya harus kolektif, semuanya bergerak,” ucap Kepala Pelaksana BPBD NTB.

 

Kegiatan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan. Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni  Danrem 162/WB diwakili Mayor Zakaria, Kapolda NTB di wakili AKBP Frido Situmorang, Danlanud Mataram Kolonel PNB Khairun Aslam, Danlanal Mataram Kolonel (P) Suratun S.H., Dinas Kesehatan NTB Sdr. Marjito, Anggota Komisi V DPR RI Deni Awansyah S.P., Kepala Pelaksana BPBD NTB Ir. Zainal Abidin M.Si., serta para peserta  Bimtek Pembinaan Dasar Pertolongan Pertama.

 

 

By. Dispen Lantamal VII