WADAN LANTAMAL VII HADIRI APEL GELAR KESIAPAN PENANGGULANGAN BENCANA DAN KARHUTLA PROV. NTT

Lantamal VII – Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VII Kolonel Marinir Djentaju Suprihandoko, S.H., menghadiri kegiatan Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penanggulangan Bencana serta Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2021 di Wilayah Provinsi NTT, bertempat di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT, Jalan Jendral Soeharto No.3, Naikoten II, Kec. Kota Raja, Kota Kupang, NTT. Senin (22/03/2021).

Dalam Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penanggulangan Bencana serta Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2021 di Wilayah Provinsi NTT tersebut yang bertindak sebagai pimpinan apel adalah Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., dengan Komandan Apel Kabagminops Polda NTT AKBP Yosep. Adapun Pasukan yang terlibat antara lain : 1 Peleton Perwira Utama Polda NTT, 1 Peleton Prajurit Korem 161/WS, 1 Peleton Prajurit Lantamal VII Kupang, 1 Peleton Prajurit Lanud El Tari Kupang, 1 Peleton Brimobda NTT, 1 Peleton Sabhara Polda NTT, 1 Peleton Polairud Polda NTT, 1 Peleton Lantas Polda NTT,  1 Peleton Reskrim Intel Polda NTT, 1 Peleton Basarnas Prov. NTT, 1 Peleton BNPB Kupang, 1 Peleton Tagana Kupang dan 1 Peleton Satpol PP Prov. NTT.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., dalam amanatnya menyampaikan bahwa Penegakan hukum terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan, baik itu di konses di milik korporasi, milik perusahaan maupun di masyarakat harus tegas dan jelas sehingga menimbulkan efek jera tidak mengulangi lagi. “Apel kesiapsiagaan dalam antisipasi bencana alam dan karhutla di wilayah Prov. NTT dilaksanakan agar dapat dirumuskan dan diterapkan langkah-langkah koordinasi, sinergi dan aksi untuk mengantisipasi bencana alam dan karhutla melalui langkah-langkah yang tepat guna dan berdaya guna, untuk memastikan tergelarnya upaya yang cepat dan tepat”, Ujar Kapolda NTT.

Terpisah, Wadan Danlantamal VII Kolonel Marinir Djentaju Suprihandoko, S.H., menyampaikan bahwa prajurit Lantamal VII siap mendukung dan membantu apabila diperlukan oleh Pemerintah Provinsi NTT untuk menjaga dan mempertahankan hutan serta lingkungan hidup dari bahaya ancaman kebakaran hutan dan lahan. “Kebakaran hutan dan lahan merupakan permasalahan bersama yang sering terjadi disaat musim kemarau yang mengakibatkan kerusakan ekosistem, untuk itu Lantamal VII siap mendukung dan membantu pemerintah apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan di sekitar wilayah Provinsi NTT ini”, Ujar Wadan Lantamal VII.

Kegiatan apel gelar pasukan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan yang mengatakan “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan. Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya. Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Danrem 161/ Ws Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, Kolonel Marinir Djentaju Suprihandoko, S.H., Kadispes Lanud El Tari Kupang Letkol Adm Adam Toaha, Kepala Basarnas Prov. NTT M. Arif, Dansat Brimob Kombes Andreas, Kepala Satuan (Kasat) Pol. PP. Prov. NTT. Ir. Cornelis Wadu, M. Si,  BMKG bapak Adji beserta para jajaran Polda NTT dihadir -+ 200 Orang.

 

 

By. Dispen Lantamal VII