BABINPOTMAR POSAL ALOR SIAP MENDUKUNG KELOMPOK POKMASWAS DI KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN KAB. ALOR

Lanal Maumere – Babinpotmar Pos TNI AL (Posal) Alor mengikuti kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) di Kawasan Suaka Alam Perairan dan Laut Sekitarnya, bertempat di Aula Hotel Simfony, Jl. Diponegoro, Kota Kalabahi, Kab. Alor, NTT. Jumat (19/03/2021).

 

Kegiatan Pelatihan peningkatan kapasitas kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD), Suaka Alam Perairan (SAP) diawali dengan Menyanyiakan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) NTT Wilayah Kabupaten Alor Muhammad Saleh Goro S.Pi., sekaligus membuka acara kegiatan.

Pembahasan Materi dari Kadis Kelautan dan Perikanan Kab. Alor, tentang rencana pengembangan wisata berbasis masyarakat adat, Pokmaswas diharapkan memiliki bidang usaha sendiri, Kantor Cabang Dinas mensupport dalam bentuk proposal yang akan diajukan di beberapa instansi dan rencana Pokmaswas akan dilegalisasikan oleh Gubernur NTT, stuktural pokmaswas tergabung dengan babinsa, Pokdarwis dan Pokmaswas digabung sebagai struktur organisasi, FKNK dapat digabungkan dengan pokdarwis agar pengelola lebih terarah dalam pengembangan wisata di Alor, dan adapaun untuk SDM dapat diarahkan kepada pemuda gereja, marbot, dan Bumdes.

 

Kemudian dilanjutkan Penyampaian Materi oleh Bp. I Gede Arya Susan Raya S. St, Pi selaku PSDKP Kupang tentang Daerah Wilayah Pengelolaan Perikanan atau disingkat dengan (WPP) di Kabupaten Alor meliputi wilayah WPP RI 573 dan WPP RI 714. Kegiatan pelatihan diakhiri dengan diskusi Kelompok Pokmaswas tentang tekhnik pelaporan, peran, fungsi dan manfaat Pokmaswas.

Turut Hadir pada kegiatan pelatihan ini yakni Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) NTT Wilayah Kabupaten Alor Muhammad Saleh Goro S.Pi., Pasilog Kodim 1622 Alor Kapten Inf Fahrudin, Kasat pol PP Bapak Zainal Nampira, Kasat Polair Bp. Kasman, Kabag Humas Kejari Kab. Alor Bp. Matius Supit Antonio, S.H., Sosial Devlopment Senior Officer Kab. Alor Bp. Zakarias Atapada, Lurah Kabola Bp. Domingus Maulaka, Kepala Desa Pantai Deere Bp. Nixontas Asamau dan Seluruh Pokmaswas Kab. Alor.

 

By. Dispen Lantamal VII