SATROL LANTAMAL VII GELAR LATIHAN PENGAMANAN WILAYAH PELABUHAN

Lantamal VII – Guna mengasah kemampuan perorangan serta tim, Personel Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI AL (Satrol Lantamal) VII melaksanakan Latihan Pengamanan Wilayah Pelabuhan, bertempat di Perairan Teluk Kupang, NTT. Rabu, (17/03/2021).

Pelaksanaan Latihan Pengamanan Wilayah Pelabuhan oleh personel Satrol Lantamal VII tersebut dipimpin oleh Komandan KAL Weling II-7-15 Mayor Laut (P) Sugeng Trisnanto serta diikuti peserta latihan dari seluruh unsur Satrol Lantamal VII yang ada di pangkalan Mako Lantamal VII dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan dimasa pendemi Covid-19.  

 

Latihan Pengamanan Wilayah Pelabuhan oleh Satrol Lantamal VII bertujuan untuk mengasah kemampuan perorangan maupun tim sebagai bentuk upaya meningkatkan kesiapsiagaan keamanan obyek vital dan pertahanan negara terutama di wilayah perairan yang merupakan tugas pokok prajurit Matra Laut. Latihan ini dilengkapi dengan teori sebelum melaksanakan Praktek. Dalam kaitan tersebut, usaha pertahanan negara harus pula diarahkan untuk menciptakan situasi aman dan kondusif untuk mendukung pemerintah bagi keberlangsungan pembangunan nasional.

Sesuai arahan Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., yang juga meneruskan perintah dari Pangkoarmada II Laksmana Muda TNI I N. G. Nyoman Sudihartawan, S.Pi., M.M., yang disampaikan pada briefing awal latihan oleh Komandan Satrol Lantamal VII Letkol Laut (P) Tonny Sundah, M.Tr. Hanla sebagai Pimpinan Latihan menyatakan, “dengan latihan ini sebagai pengingat kembali ilmu dasar yang dimiliki setiap personel TNI AL sebagai Prajurit Matra Laut. Oleh karena itu personel pertahanan yang medan tugasnya di laut harus secara terus menerus dibekali dan ditingkatkan kemampuan tempurnya sebagai langkah antisipasi dalam melaksanakan tugas mengamankan wilayah perairan Indonesia.”

Kegiatan Latihan Pengamanan Wilayah Pelabuhan ini menindak lanjuti perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M, dalam kutipan “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.”

Latihan Pengamanan Wilayah Pelabuhan oleh personel Satrol Lantamal VII berlangsung tertib, aman dan lancar sampai dengan selesai dan tercapai tujuan diselenggarakannya latihan tersebut.

 

/ Dispen Lantamal VII