LANTAMAL VII MENGGELAR LATIHAN PHH TW.I TA.2021

Lantamal VII – Untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan dan unjuk rasa bersifat anarkis, personel Lantamal VII menggelar latihan Penindakan Huru Hara (PHH) Lantamal VII TW I Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lantamal VII, Jl. Supul Raya, Bolok, Kupang, NTT. Kamis, (18/03/2021).

Latihan Penindakan Huru Hara (PHH) Lantamal VII TW I Tahun Anggaran 2021 yang direncanakan selama 5 hari sejak tanggal 15 Maret 2021 sampai dengan tanggal 19 Maret 2021 tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan disiapkan tempat cuci tangan dengan sabun. Latihan PHH ini bertujuan untuk penyegaran dan mengasah keterampilan serta meningkatkan kemampuan dan meningkatkan kesiapsiagaan personel Lantamal VII dalam menghadapi situasi yang genting.

Sebelum pelaksanaan latihan, Asops Danlantamal VII Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe selaku Ketua Latihan PHH memberikan penekanan kepada seluruh personel yang terlibat dalam latihan PHH agar selalu memperhatikan faktor keselamatan, baik bagi personel maupun perlengkapan materiil yang dipergunakan dalam latihan. Dan latihan PHH dilaksanakan dalam rangka Latihan P1/P2 TW 1 Tahun 2021.

Pada latihan praktek PHH Lantamal VII TW I Tahun Anggaran 2021  di skenariokan bahwa telah terjadi unjuk rasa di depan penjagaan Mako Lantamal VII, dengan sigap personil pasukan PHH melaksanakan blokade dan mediasi, namun tindakan persuasif tersebut tidak berjalan dengan baik sehingga massa melaksanakan aksi anarkis, yang diindikasikan terdapat provokator yang harus diamankan, sehingga Komandan peleton PHH memerintahkan tim untuk menangkap provokator tersebut, pada akhirnya para pengunjuk rasa menyadari keadaaan dan selanjutnya membubarkan diri.

Kegiatan Latihan PHH ini menindak lanjuti perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M, dalam kutipan “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.”

Latihan PHH melibatkan jajaran Satker Lantamal VII, antara lain Denma Lantamal VII, Yonmarhanlan VII, Satrol Lantamal VII, Pom Lantamal VII, Diskes Lantamal VII dan Rumkital Samuel J. Moeda.

 

By. Dispen Lantamal VII