LANAL MATARAM TERIMA KUNJUNGAN BAKAMLA RI BAHAS KEGIATAN IDENTIFIKASI DAN PEMATANGAN  ISU WILAYAH TENGAH INDONESIA

Lanal Mataram –  Komandan Lanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., bersama perwira Staf Lanal Mataram menerima Kunjungan dari Bakamla RI yang dipimpin oleh Kasubdit Perumusan Kebijakan Kolenel Bakamla Gontri Nopel, S.Pd., M.A.P., bertempat di Mako Lanal Mataram Jl. Malomba No. 02 Kec. Ampenan, Kota Mataram, Provinsi NTB. Selasa (16/03/2021).

Maksud dan tujuan dari Kunjungan Tim dari Bakamla ini adalah membahas terkait Identifikasi dan Pematangan Isu Wilayah Tengah. Setibanya di Mako Lanal Mataram, tim dari Bakamla RI disambut hangat oleh Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H.,

Komandan Lanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., menyampaikan, “Selamat datang di Mako Lanal Mataram, keberadaan Lanal Mataram tentunya memiliki Wilayah kerja yang sangat luas yaitu pulau Lombok sampai sumbawa hingga sape Bima, Wilayah kerja yang begitu luas kita juga memiliki Posal disetiap Wilayah Kabupaten, Posal memiliki 3 fungsi yaitu fungsi Intelijen, Operasional, dan Potensi Maritim yang rencana kedepannya Komandan posal akan dijabat oleh Perwira Pertama.

Yang paling aktual disini mungkin selat Lombok yang telah diterbitkannya TSS (Traffic Separation Scheme) pertanggal 1 (Satu) juli 2020, kita juga telah mensosialisasikan terkait dengan berlakunya TSS (Traffic Separation Scheme) di selat Lombok dengan harapan Kapal – kapal ataupun nelayan pengguna di selat Lombok ini bisa memahami dan tidak mengganggu alur TSS,” jelas Danlanal Mataram kepada Tim Bakamla RI

“Lanal mataram mengandalkan unsur kecil disini didukung dengan 3 KAL dan speed kecil, dan melaksanakan patroli di sekitaran wilayah Lombok, kami sangat terbantu dengan kehadiran unsur-unsur operasi dari Armada dan juga pesawat udara yang melaksanakan patroli di Lombok sehingga kerawanan-kerawanan yang ada di selat Lombok bisa terpantau,” tambah Danlanal Mataram.

Intinya dari Penjelasan Danlanal menunjukkan bahwa Lanal Mataram siap membantu dan siap mendukung apa yang menjadi kebutuhan  oleh Tim dari Bakamla.

Kasubdit Perumusan Kebijakan Bakamla RI Kolonel Bakamla Gontri Nopel, S.Pd., M.A.P., mengucapkan Terima Kasih karena telah diterima dengan baik oleh Danlanal dan para perwira staf Lanal Mataram dan kami mohon dukungan dari Lanal Mataram .

“Tugas kami setiap tahun dituntut untuk memberikan rekomendasi-rekomendasi kepada Bapak Presiden RI sehingga kita melaksanakan indetifikasi isu-isu yang ada diwilayah dan apa yang sudah kita dapat nantinya dari wilayah akan kita sampaikan semua, kita juga sudah mengirimkan kuisioner yang nantinya akan kita bawa dan juga kita sampaikan kerawanan yang ada di wilayah NTB ini,” jelas Kasubdit perumusan Kebijakan Bakamla RI.

“Tentunya kita tidak bisa bekerja sendiri sehingga kita selalu melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi-instansi terkait termasuk TNI AL,” tutup Kolonel Gontri Nopel.

Kegiatan Identifikasi dan Pematangan Isu Wilayah Tengah di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat oleh Bakmla RI yang didukung oleh Lanal Mataram sebagai bagian dari satuan TNI AL ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M untuk menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan Negara menuju sinergitas dalam kemestaan.

 

/ Dispen Lantamal VII