DANLANTAMAL VII MENDAPAT SUNTIKAN VAKSIN CORONA SINOVAC KEDUA

Lantamal VII – Demi membentuk antibodi atau imunogenitas tubuh terhadap virus corona secara optimal, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., bersama pejabat utama Mako Lantamal VII mendapat suntikan kedua Vaksin Corona Sinovac, bertempat di RSAL Samuel J Moeda dan Klinik Pratama Osmok Dinas Kesehatan Lantamal VII, Jl. Yos Sudarso No.5, Namosain, Kec. Alak, Kota Kupang, NTT. Rabu (17/03/2021).

Pelaksanaan vaksinasi corona sinovac tahap kedua yang dilakukan setelah jeda waktu 14 hari dari vaksinasi tahap pertama tanggal 03 Maret 2021 tersebut sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan vaksinasi dari Kementerian Kesehatan RI dengan dosis 0.5 ml. Suntikan pertama diberikan ke tubuh untuk membantu mengenali virus dan menyiapkan sistem kekebalan. Sedangkan vaksinasi kedua diberikan guna memperkuat atau mengoptimalkan respons kekebalan tubuh dalam mencegah infeksi virus.

Dimana sebelum pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan screening awal bagi peserta dengan pengecekan suhu tubuh dengan termo gun, pengecekan denyut nadi/tensi dan apakah ada gejala-gejala setelah vaksinasi tahap pertama. Setelah diyakinkan normal tidak ada gejala maka dilaksanakan penyuntikan vaksinasi.

 

Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., dalam kesempatan menyampaikan vaksinasi kedua ini untuk membentuk antibodi atau imunogenitas tubuh terhadap virus corona secara optimal setelah 28 hari pasca penyuntikan dosis kedua. “Jangan mengupload atau mengshare kartu status pemberian vaksinasi di media sosial agar tidak disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab”, ujar Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP.

 

“Dari sini saya tekankan kepada seluruh prajurit jajaran Mako Lantamal VII dari Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS untuk tidak ragu-ragu lagi pada vaksin yang kedua, karena lebih lancar dan lebih tidak terasa lagi serta tidak ada efek samping.” Tambah Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP.

Kegiatan vaksinasi tahap kedua tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, disiapkan hand sanitizer dan dibatasi jumlah peserta. Hal tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., dalam kutipan “Jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19 serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau “the new normal” dilingkungan TNI Angkatan Laut”.

 

Hadir dalam vaksinasi : Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., para Asisten Danlantamal VII, Dansatrol Lantamal VII, Ka Kuwil Lantamal VII, Kasatker Lantamal VII, Danlanudal Kupang.

 

By. Dispen Lantamal VII